Xiaomi Rilis Mi 8, Explorer Edition, dan Mi 8 SE

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Jun 2018 12:46 WIB
xiaomi
Xiaomi Rilis Mi 8, Explorer Edition, dan Mi 8 SE
Xiaomi Mi 8.

Jakarta: Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel flagship barunya, Mi 8. Ini adalah ponsel pertama Xiaomi yang dilengkapi notch atau poni. Mi 8 memiliki layar OLED sebeasr 6,21 inci buatan Samsung. Pada poni, terdapat kamera selfie dengan resolusi 20MP. 

Ponsel ini memiliki rangka aluminium dan bodi kaca yang melengkung di keempat sisinya. Terkait spesifikasi, Mi 8 memiliki Snapdragon 845 sebagai prosesor. Dua kamera belakang dengan resolusi 12MP berhasil mendapatkan skor 105 di DxOMark.

Xiaomi berkata, Mi 8 juga merupakan ponsel pertama yang menggunakan GPS dual-frekuensi, yang seharusnya memberikan informasi lokasi pengguna dengan lebih akurat. 

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, ponsel flagship di bawah lini Mi dari Xiaomi biasanya menawarkan smartphone dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Di Tiongkok, Mi 8 dihargai CNY2.699 (Rp5,8 juta), jauh lebih murah jika dibandingkan dengan smartphone flagship lain yang menggunakan Snapdragon 845. 

Xiaomi juga meluncurkan Mi 8 Explorer Edition, yang dilengkapi dengan berbagai teknologi ponsel terbaru seperti sensor sidik jari pada layar. Ini adalah sensor sidik jari pertama yang bisa mendeteksi sensitivitas tekanan. 



Xiaomi mengklaim, Explorer Edition juga merupakan Android pertama yang menggunakan teknologi pengenalan wajah 3D, layaknya Face ID milik iPhone X. Ponsel ini juga memiliki fitur serupa Animoji. Satu hal yang cukup menarik dari Explorer Edition adalah ia memiliki bagian belakang yang transparan. Explorer Edition akan dihargai mulai dari CNY3.699 (Rp8 juta). 

Terakhir, Xiaomi juga meluncurkan Mi 8 SE, versi lebih kecil dan lebih murah dari Mi 8. Ponsel yang meniru penamaan yang digunakan oleh Apple ini merupakan ponsel pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 710. Mi 8 SE memiliki layar OLED 5,88 inci. 



Snapdragon 710 dikabarkan dapat menghemat 30 persen daya jika dibandingkan dengan Snapdragon 660 dari generasi sebelumnya. Selain itu, prosesor baru ini juga disebutkan memberikan performa 20 persen lebih baik. Mi 8 SE dihargai CNY1.799 (Rp3,9 juta).

Ini spesifikasi lengkap dari ketiga lini Mi 8. 




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.