Weibo Hapus Konten Kekerasan dan LGBT

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 16 Apr 2018 08:13 WIB
media sosial
Weibo Hapus Konten Kekerasan dan LGBT
Ilustrasi. (ngkaki via Getty Images)

Jakarta: Media sosial populer di Tiongkok, Weibo akan menghapus konten kekerasan dan gay demi mematuhi peraturan keamanan siber baru dari pemerintah.

Layanan serupa Twitter tersebut mengumumkan bahwa mereka akan melakukan "kampanye bersih-bersih" yang akan menargetkan "manga (komik Jepang) dan video berbau pornografi, kekerasan atau terkait homoseksualitas" serta game dengan konten kekerasan seperti Grand Theft Auto. 

Keputusan ini membuat para pengguna kesal. Mereka kemudian melakukan protes online menggunakan tagar "Saya gay" yang digunakan sekitar 170 ribu kali sebelum Weibo memblokirnya, lapor Engadget

"Apa tidak bisa ada homoseksualitas di bawah sosialisme?" tanya salah satu pengguna, menurut AFP.

"Tidak bisa dipercaya Tiongkok berkembang pesat dalam hal ekonomi dan militer, tapi kembali ke era jadul dalam hal ide."

Tiongkok tidak lagi menganggap homoseksulitas sebagai tindakan kriminal pada 1997, dan tidak menganggapnya sebagai penyakit mental pada 2001. Namun, pemerintah tetap memburu konten bertema LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender). 

Sayangnya, tidak ada yang bisa pengguna lakukan untuk menghentikan kampanye Weibo ini. Karena peraturan baru di Tiongkok, pemerintah bisa menekan perusahaan swasta untuk menyensor konten yang mereka anggap terlarang. Peraturan itu juga memudahkan pihak berwajib mengawasi masyarakat mereka. 

Weibo berkata, mereka telah menghapus 56.243 "konten ilegal" dan menghapus 108 akun pengguna sejak mereka memulai kampanye mereka. Angka itu akan terus naik. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.