Rilis Desember, Chrome Terbaru akan Lebih Irit RAM

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:02 WIB
chrome
Rilis Desember, Chrome Terbaru akan Lebih Irit RAM
Google Chrome versi 55 akan lebih hemat RAM. (MI / RAMDANI)

Metrotvnews.com: Menurut Google, versi terbaru dari Chrome yang sedang mereka persiapkan tidak akan terlalu membebani PC atau ponsel Anda. Perbaikan ini akan muncul bersamaan dengan peluncuran Chrome 55, yang akan dirilis pada bulan September.

Chrome 55 akan menggunakan engine V8 JavaScript baru. Berdasarkan tes benchmark yang dilakukan oleh para developer Chrome, terlihat bahwa Chrome yang baru meminimalisir penggunaan RAM dalam jumlah yang cukup signifikan.

ZDNet menyebutkan, Google membangun V8 untuk memastikan bahwa Chrome dapat membuka situs yang kompleks dengan cepat. Namun, hal ini membuat Chrome membutuhkan RAM besar, memperlambat komputer-komputer yang menggunakan browser itu.

Chrome 55 dapat menjadi optimal berkat fitur garbage collector. Fitur yang diperkenalkan di tahun lalu itu berfungsi untuk membersihkan memori yang tidak terpakai di Chrome. Selain itu, Google juga telah menyesuaikan V8 untuk smartphone dengan RAM kecil. 

?Perbandingan antara Chrome versi 53 dan 55. (Google)

Saat diuji untuk membuka situs mobile New York Times, terlihat adanya 66 persen pengurangan pada rata-rata konsumsi RAM. Terlihat adanya pengurangan, walau lebih sedikit, saat Chrome versi 55 diuji untuk membuka beberapa situs populer seperti Facebook, Hacker News dan Washington Post.

Dalam waktu beberapa bulan ke depan, Google terus ingin melakukan optimalisasi pada Chrome untuk smartphone, menargetkan agar Chrome bisa digunakan pada perangkat dengan RAM sekitar 512MB dan 1GB.


(MMI)