Rilis Desember, Chrome Terbaru akan Lebih Irit RAM

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:02 WIB
chrome
Rilis Desember, Chrome Terbaru akan Lebih Irit RAM
Google Chrome versi 55 akan lebih hemat RAM. (MI / RAMDANI)

Metrotvnews.com: Menurut Google, versi terbaru dari Chrome yang sedang mereka persiapkan tidak akan terlalu membebani PC atau ponsel Anda. Perbaikan ini akan muncul bersamaan dengan peluncuran Chrome 55, yang akan dirilis pada bulan September.

Chrome 55 akan menggunakan engine V8 JavaScript baru. Berdasarkan tes benchmark yang dilakukan oleh para developer Chrome, terlihat bahwa Chrome yang baru meminimalisir penggunaan RAM dalam jumlah yang cukup signifikan.

ZDNet menyebutkan, Google membangun V8 untuk memastikan bahwa Chrome dapat membuka situs yang kompleks dengan cepat. Namun, hal ini membuat Chrome membutuhkan RAM besar, memperlambat komputer-komputer yang menggunakan browser itu.

Chrome 55 dapat menjadi optimal berkat fitur garbage collector. Fitur yang diperkenalkan di tahun lalu itu berfungsi untuk membersihkan memori yang tidak terpakai di Chrome. Selain itu, Google juga telah menyesuaikan V8 untuk smartphone dengan RAM kecil. 

?Perbandingan antara Chrome versi 53 dan 55. (Google)

Saat diuji untuk membuka situs mobile New York Times, terlihat adanya 66 persen pengurangan pada rata-rata konsumsi RAM. Terlihat adanya pengurangan, walau lebih sedikit, saat Chrome versi 55 diuji untuk membuka beberapa situs populer seperti Facebook, Hacker News dan Washington Post.

Dalam waktu beberapa bulan ke depan, Google terus ingin melakukan optimalisasi pada Chrome untuk smartphone, menargetkan agar Chrome bisa digunakan pada perangkat dengan RAM sekitar 512MB dan 1GB.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.