Optimalisasi WAN untuk Efisiensi Perusahaan

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:13 WIB
corporate
Optimalisasi WAN untuk Efisiensi Perusahaan
Ilustrasi: Fiber Optic

Metrotvnews.com, Jakarta: Peningkatan daya saing industri Indonesia merupakan kunci dari keberlanjutan pertumbuhan ekonomi nasional di tengah kondisi ekonomi global yang menantang.

Fakta ini juga didukung dengan pernyataan dari Bank Indonesia yang telah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,9-5,3 persen sepanjang tahun 2016. Optimisme pertumbuhan ekonomi juga mendorong perbaikan iklim investasi, khususnya pada investasi infrastruktur.

Pertumbuhan ekonomi mendorong pelaku industri untuk meningkatkan daya saing melalui optimalisasi infrastruktur jaringan.

Menurut laporan McKinsey Consulting (2016), transformasi digital menjadi tren baru di lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Transformasi digital hanya akan berhasil dengan adanya integrasi antara front-end dan back-end.

Disamping itu, pelaku industri dituntut untuk beradaptasi dengan dinamika bisnis yang kian meningkat sebagai dampak dari penyebaran penggunaan TIK yang semakin meluas, khususnya dari sisi operasional bisnis serta kepuasan pelanggan.

Berangkat dari kondisi ini, optimalisasi layanan WAN (Wide Area Network) sangat penting untuk infrastruktur jaringan perusahaan, demi percepatan kinerja aplikasi, serta memaksimalkan customer experience tanpa menambah kerumitan lapisan jaringan sekaligus biaya pengelolaan.  

“Manfaat efisiensi yang ditawarkan oleh dari optimalisasi WAN dapat mendorong perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan network dan aplikasi berbasis cloud yang dimiliki, serta meminimalisir biaya pengelolaan yang kerap dikeluarkan untuk mendapatkan network stability,” kata Chief Product and Synergy telkomtelstra, Agus F. Abdillah, dalam keterangan resmi kepada Metrotvnews.com.

“Seiring dengan makin banyaknya adopsi cloud, perusahaan pun dapat mengurangi server yang terdistribusi di berbagai lokasi cabang untuk meminimalisir biaya dengan mengeliminasi duplikasi transmisi data dan memungkinkan konsolidasi server antar kantor cabang.” 

Sebagai contoh, optimalisasi WAN untuk aplikasi cloud mampu mengurangi kebutuhan jaringan hingga 92 persen pada SharePoint dan 36 pada Office Exchange, sehingga mampu menghadirkan seamless collaboration yang lebih baik walaupun server sudah terkonsolidasi di cloud.


(MMI)

Video /