Alibaba Luncurkan Program untuk Hapus Produk Palsu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 03 Jul 2016 13:49 WIB
alibaba
Alibaba Luncurkan Program untuk Hapus Produk Palsu
Alibaba luncurkan program baru untuk hadapi penjual barang palsu.

Metrotvnews.com: Ada banyak penjual barang palsu yang memanfaatkan Alibaba untuk menjual produk mereka. Hal ini tidak hanya memberikan situs e-commerce asal Tiongkok itu citra yang buruk tapi juga memperburuk hubungan Alibaba dengan merek besar. 

Karena itulah, Alibaba meluncurkan sebuah program yang bertujuan membantu perusahaan-perusahaan besar untuk mencari dan menghapuskan produk palsu dari marketplace Alibaba. 

Sistem yang disebut "IP Joint-Force System" ini tampaknya didasarkan pada program Alibaba yang memungkinkan merek-merek ternama untuk melaporkan keberadaan barang palsu pada staf Alibaba.

Engadget menjelaskan, merek-merek yang memiliki kekhawatiran barangnya dipalsukan seperti Louis Vuitton atau Apple akan dihubungkan pada seorang Account Manager Alibaba.

Mereka juga akan mendapatkan akses ke situs sehingga mereka dapat mengidentifikasi keaslian sebuah barang. Jika menemukan barang palsu, mereka dapat menandainya sehingga ia bisa dihapuskan.

Dengan program ini, Alibaba berusaha untuk menciptakan kesan yang lebih baik, menekankan bahwa perusahaan-perusahaan besar tidak dapat menghentikan penjual produk palsu jika mereka terus "protes dan mengkritik satu sama lain".

Alibaba harus dapat menghentikan banyaknya produk palsu yang terjual di situsnya. Di tahun ini, Alibaba dikeluarkan dari aliansi anti-produk palsu yang berbasis di AS setelah adanya protes dari beberapa merek ternama. Founder Alibaba, Jack Ma, berkeras bahwa produk palsu memang harus dihilangkan dari Alibaba.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.