Jokowi, Salah Satu Pemimpin Dunia dengan Pengikut Terbanyak di Twitter

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 05 Jun 2017 14:00 WIB
jokowimedia sosialtwitter
Jokowi, Salah Satu Pemimpin Dunia dengan Pengikut Terbanyak di Twitter
Presiden Indonesia, Joko Widodo. (MI / Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dengan jumlah pengikut 7,4 juta orang, Presiden Indonesia, Joko Widodo menjadi salah satu tokoh dunia dengan follower paling banyak di Twitter. Sebelum ini, Jokowi juga pernah dinobatkan sebagai pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak ke-5 di Instagram.

Dalam studi berjudul Twiplomacy Study 2017 yang dilakukan oleh Burson-Marsteller, Jokowi berhasil masuk ke dalam 10 besar pemimpin dunia yang memiliki pengikut terbanyak. Sementara posisi pertama dipegang oleh Paus Fransiskus dengan jumlah pengikut sebanyak 33,7 juta orang.

Biasanya, isi kicauan sang paus adalah ucapan bijak atau doa dalam berbagai bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Latin, Prancis, Jerman, Arab, hingga Latin. Posisi kedua diduduki oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan pengikut 30,1 juta orang. Jumlah pengikut akun Trump naik 3 kali lipat sejak dia menang pemilihan presiden AS tahun lalu. 



Menurut studi ini, juga ditemukan bahwa Twitter masih menjadi platform pilihan pemerintah dan menteri luar negeri sebuah negara. Diketahui, terdapat 856 akun Twitter yang digunakan oleh kepala negara dan pemerintahan juga menteri luar negeri dari 178 negara dengan total pengikut mencapai 356 juta orang. 

Per 22 Mei lalu, para pemimpin dunia telah mengirimkan lebih dari 5,2 juta kicauan dengan pemerintah Meksiko sebagai akun yang paling sering mengirimkan tweet dalam satu hari. Per hari, akun tersebut mengirimkan rata-rata 123 kicauan. 



Twitter dianggap sebagai media sosial berbasis teks oleh para pemimpin dunia. Berdasarkan analisa pada 946 ribu tweet yang dibuat sejak 1 Januari 2016, sebanyak 75 persen dari tweet hanya berisi teks. Sementara kurang dari 25 persen kicauan memuat gambar, walau memasukkan gambar akan meningkatkan kemungkinan sebuah tweet mendapatkan retweet

Dalam satu tahun terakhir, aplikasi Periscope milik Twitter juga menjadi semakin sering digunakan. Saat ini, sebanyak 207 pemimpin dunia memiliki kanal siaran langsung meski hanya 118 pihak yang telah menampilkan tayangan video langsung.

Lembaga pemerintah tampaknya mulai sadar adalah Periscope merupakan cara mudah dan murah untuk menayangkan konferensi pers. Sayangnya, belum ada akun pemerintah yang mengadakan sesi tanya-jawab di platform tersebut. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.