Pangsa Pasar Apple Alami Penurunan

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 14 Apr 2017 09:16 WIB
apple
Pangsa Pasar Apple Alami Penurunan
Apple dilaporkan mengalami pertumbuhan pangsa pasar di Amerika Serikat, namun menurun di pasar Tiongkok.

Metrotvnews.com: Perangkat iOS Apple mengalami peningkatan pangsa pasar di Amerika Serikat, jika dibandingkan Android. Android masih memiliki pangsa pasar lebih besar, mencapai 55,9 persen, namun celahnya dengan Apple semakin menyempit.

Hasil penelitian Kantar World Panel menyebut pangsa pasar Apple di pasar Amerika Serikat meningkat menjadi 42 persen. Besaran peningkatan tersebut dihimpun selama tiga bulan, yang berakhir pada Februari 2017, dan membandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pangsa pasar di Amerika Serikat tersebut tidak diikuti oleh pertumbuhan pada pasar Tiongkok. Pangsa pasar perangkat iOS menurun 8,9 persen selama satu periode dalam satu tahun, sementara Android meningkat 9,3 persen.

Hal ini dapat diartikan sebagai dominasi platform Android sebesar 86,4 persen, sementara iOS sebesar 13,2 persen. Persentase tersebut juga merupakan pangsa pasar terendah Apple di Tiongkok dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Situasi serupa juga dihadapi Apple di Jepang, juga mengalami penurunan pangsa pasar. Sedangkan di Australia, platform Android juga mengalami pertumbuhan lebih pesat jika dibandingkan dengan iOS.

Sementara itu, Apple juga harus menghadapi permasalahan lain setelah Qualcomm menuntut balik Apple. Tuntutan tersebut merupakan tanggapan dari tuntutan yang dilayangkan Apple kepadanya pada awal tahun ini.


(MMI)

Video /