Pasar Menciut, Ini Tiga E-Commerce Terpopuler

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 13 Nov 2018 15:19 WIB
e-commerce
Pasar Menciut, Ini Tiga E-Commerce Terpopuler
Ilustrasi.

Jakarta: Pasar e-commerce Indonesia mulai matang. Itu artinya, jumlah pemain e-commerce di Indonesia kini sudah jauh lebih sedikit dari beberapa tahun lalu. Perusahaan konsultan marketing MarkPlus Inc. lalu melakukan survei terkait perusahaan e-commerce yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia.

"Industri e-commerce saat ini sudah masuk usia matang. Pemain-pemain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak adalah nama-nama pemain e-commerce yang paling sering disebut responden," kata Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan.

Data dari riset menunjukkan bahwa 46,1 persen responden mengakses e-commerce sebanyak empat kali dalam tiga bulan terakhir. Dalam periode waktu yang sama, Shopee adalah e-commerce yang paling sering diakses, diikuti oleh Lazada, dan Tokopedia.



Sementara perangkat yang paling sering digunakan oleh masyarakat untuk mengakses e-commerce adalah smartphone. Sebanyak 91,3 persen responden mengaku menggunakan smartphone untuk mengakses e-commerce. Sementara 49,8 persen mengatakan mereka menggunakan aplikasi e-commerce.

Shopee, Lazada, dan Tokopedia bisa bertahan di Indonesia karena mereka menggunakan strategi yang tepat. "Strategi seperti banyak promosi, harga murah, reputasi baik, sampai gratis ongkir adalah alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di e-commerce. Ini juga yang membuat brand-brand ternama bertahan," kata Irfan.



Menurut survei, responden memiliki beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk berbelanja di sebuah e-commerce. Sebanyak 61,3 persen menjadikan jumlah promosi jadi pertimbangan, 58,5 persen mempertimbangkan harga yang lebih murah, dan 53,8 persen menjadikan reputasi sebagai pertimbangan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.