Hacker Bocorkan Data Kanselir dan Politikus Senior Jerman

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 05 Jan 2019 16:37 WIB
cyber security
Hacker Bocorkan Data Kanselir dan Politikus Senior Jerman
Hacker serang politikus Jerman.

Jakarta: Seorang hacker mencuri dan merilis data pribadi dari kanselor Jerman, Angela Markel dan regulator Jerman senior lain. 

Data yang dibocorkan melalui akun Twitter -- yang telah ditangguhkan -- termasuk alamat email, nomor ponsel, foto ID, dan data pribadi dari ratusan tokoh politik senior. 

Menurut juru bicara pemerintah, tidak ada data sensitif kanselor yang bocor. Namun, data pribadi dari beberapa regulator lain tercuri. Data yang bocor termasuk password Facebook dan Twitter.

Ada juga regulator yang data kartu kreditnya tercuri, beserta informasi chatting dan surat pribadi, menurut laporan TechCrunch

Dalam pernyataan resmi, Badan Keamanan Informasi Federal Jerman mengatakan bahwa mereka tengah menyelidiki kebocoran data ini. Namun, mereka percaya, ini bukan serangan ke jaringan pemerintah. 

Dilaporkan, sang hacker mungkin telah mendapatkan password untuk mengakses akun media sosial.

Sering, hacker melakukan ini dengan menipu perusahaan ponsel untuk memindahkan nomor ponsel seseorang ke kartu SIM lain, memungkinkan mereka untuk mereset akun seseorang atau mendapatkan kode dari autentikasi dua faktor. 

Sang hacker membocorkan data dari regulator senior. Meskipun begitu, tidak ada akun dari partai sayap kanan Jerman.

Saat ini, belum diketahui siapa yang melakukan serangan ini. Pemerintah Jerman enggan untuk berspekulasi tentang pelaku -- atau negara tertentu -- yang menjadi dalang di balik serangan itu. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.