Chuwi HiGame, PC Game Paling Mungil?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Jun 2018 08:04 WIB
gameshardware
Chuwi HiGame, PC Game Paling Mungil?
Chuwi HiGame. (Indiegogo)

Jakarta: Tidak hanya laptop gaming yang berusaha mengejar desain tipis dan ringan. Vendor PC gaming seperti Lenovo dan MSI juga merilis desktop dengan ukuran mungil dan bertenaga untuk bisa memainkan game terkini.

Perusahaan asal Tiongkok bernama Chuwi kembali menawarkan proyek terbaru mereka di layanan crowdfunding Indiegogo, berupa PC gaming ukuran termungil di pasar bernama Chuwi HiGame.

Dalam halaman situs Indiegogo, proyek perangkat bernama Chuwi HiGame sudah mendapatkan pendanaan sebanyak Rp4,6 miliar yang berasal dari 347 pendana. Informasi di dalamnya meneyebutkan bahwa produk yang berdimensi 173 x 158 x 73mm atau setara dengan volume 2 liter.

Chuwi HiGame hadir dengan dua varian prosesor yang tertanam yakni Intel Generasi ke-8 Core i5 dan Core i7 yang didukung RAM 8GB DDR4 dan kapasitas storage 128GB SSD. Versi berikutnya menggunakan Core i5 dan 256GB SSD. Sementara di kartu grafisnya Chuwi HiGame menggunakan VGA AMD Radeon RX Vega M Graphic dengan memori 4GB HBM2.

Melihat spesifikasinya  Chuwi HiGame cukup cocok untuk gamer maupun profesional, ditambah desktop ini mendukung fitur VR dan AR Windows Mixed Reality serta resolusi 4K Ultra HD dan mode hingga lima monitor sekaligus.

Meskipun memiliki ukuran desktop yang sangat mungil dikelasnya, Chuwi HiGame juga dilengkapi dengan I/O Port yang cukup lengkap. Di antaranya satu port Thunderbolt 3, dua port DisplayPort 1.3, dua port HDMI 2.0, empat port USB 3.0, dan satu port Gigabit Ethernet tidak ketinggal jack mikrofon dan headphone.

Berdasarkan pantauan Medcom.id, Chuwi HiGame akan mulai dikirimkan kepada pendana pada Agutsus 2018 karena mengklaim sudah melebih target penggalangan dana hingga 600 persen. Untuk varian Core i7 dibanderol USD1099 atau Rp15,4 juta dan yang varian Core i5 senilai USD899 atau Rp12,5 juta.

Berdasarkan halaman situs Indiegogo, Chuwi HiGame sudah melakukan uji coba untuk memainkan beberapa game kelas AAA serta pengujian benchmark yang menunjukkan performanya sehingga proyek ini tampaknya cukup bisa dipercaya.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.