Qualcomm Bakal Bikin Prosesor Baru untuk Smartwatch

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 10 May 2018 15:54 WIB
qualcommreview wearable
Qualcomm Bakal Bikin Prosesor Baru untuk Smartwatch
Ilustrasi.

Jakarta: Qualcomm tengah mengembangkan prosesor baru untuk smartwatch berbasis Wear OS -- yang dulunya bernama Android Wear. 

"Platform baru ini, arsitektur baru ini akan secara signifikan memperbaiki tampilan dan pengalaman penggunaan dari smartwatch, tidak peduli apakah Anda sedang mengunakannya atau tidak," kata Senior Director of Wearables, Qualcomm, Pankaj Kedia. 

Menurut laporan CNET, Google dan Qualcom telah bekerja sama untuk mengembangkan prosesor baru untuk smartwatch dalam waktu cukup lama.

Prosesor untuk smartwatch yang Qualcomm terakhir kali luncurkan, Snapdragon 2100, didesain untuk mendukung sebagian fitur yang Google kembangnya. Sayangnya, chip tersebut tampaknya tidak mendukung fitur yang akan Google tanamkan pada Wear OS terbaru. 

"Fokus kami adalah bagaimana kami bisa memperbaiki pengalaman penggunaan dengan signifikan," kata Kedia.

"Bagaimana Google Assistant bekerja dan fungsi dari smartwatch itu sendiri. Lebih menarik dari segi desain, tapi menggunakan daya lebih sedikit."

Kedia berkata, chip baru ini akan didesain "dari nol untuk memberikan pengalaman penggunaan smartwatch yang sempurna", yang seharusnya memungkinkan smartwatch hadir dalam bentuk lebih ringkas dengan daya lebih awet."

Qualcomm juga membuat chip ini bisa bekerja dengan lebih efektif bahkan jika smartwatch menggunakan layar always-on. "Fungsi utama smartwatch adalah sebuah jam -- ia harus terlihat menarik, terlihat ramping, terlihat menarik ketika saya sedang melihatnya atau tidak," kata Kedia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.