Facebook Buat Chip AI Khusus Pantau Video Secara Akurat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 May 2018 09:19 WIB
media sosialfacebook
Facebook Buat Chip AI Khusus Pantau Video Secara Akurat
Facebook ingin bisa saring konten video secara real-time.

Jakarta: Facebook sedang mengembangkan chip khusus yang dapat menganalisis dan menyaring konten video secara real-time. Hal ini akan meringankan beban moderator manusia.

Dalam beberapa tahun belakangan, Facebook mendapatkan kritik karena membiarkan penggunanya membagikan konten kontroversial, termasuk video yang menampilkan seseorang bunuh diri atau pemerkosaan. 

Saat ini, Facebook menggantungkan diri pada sistem pemeriksaan otomatis dan sejumlah moderator manusia untuk mencegah pengguna mengunggah video kontroversial.

Moderator manusia bertugas untuk merespon konten yang telah ditandai oleh pengguna Facebook atau oleh sistem. Sayangnya, tidak diketahui seberapa efektif solusi ini. 

Karena itu, Facebook mulai mencari solusi baru, lapor SlashGear. Salah satu solusi yang mereka pertimbangkan adalah membuat desain chip khusus yang dapat menganalisa dan menyaring video dengan lebih efektif. Proyek ini diungkap oleh Yann LeCun, Chief Artificial Intelligence di Facebook, lapor Bloomberg. 

"Bayangkan jika seseorang menggunakan Facebook Live untuk menayangkan adegan bunuh diri atau pembunuhan mereka," kata Le Cun di konferensi Viva Technology di Paris. "Anda pasti ingin bisa menghapus video itu saat itu juga."

Facebook ingin menggunakan chip AI khusus yang akan fokus untuk menganalisis isi video secara real-time. Sekarang, hal ini memang bisa dilakukan menggunakan hardware yang ada.

Namun, ini membutuhkan kemampuan komputasi yang berat, yang memakan daya dan biaya yang tidak sedikit. 

"Ada dorongan besar untuk mendesain chip yang lebih efisien secara energi," kata LeCun. \

"Sejumlah perusahaan besar tengah mengembangkan proyek ini, termasuk Facebook."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.