Dampak Positif dan Negatif Internet Terhadap Hubungan Romantis

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 07 Apr 2018 14:26 WIB
internetcyber security
Dampak Positif dan Negatif Internet Terhadap Hubungan Romantis
Ilustrasi.

Jakarta: Ketergantungan pada perangkat mobile dan internet bisa menyebabkan pasangan bertengkar, menurut studi baru dari Kaspersky Lab.

Memang, keberadaan perangkat mobile dan internet bisa membantu Anda untuk terhubung dengan orang terkasih, baik keluarga, teman atau kekasih. 

Namun, penggunaan yang berlebihan justru dapat menyebabkan pertengkaran antara sepasang kekasih. Menurut studi, 55 persen pasangan mengaku bahwa mereka menggunakan perangkat mobile secara berlebihan. 

Di satu sisi, perangkat digital bisa membuat satu pasangan saling terhubung dengan satu sama lain meskipun keduanya berada jauh dari satu sama lain.

Delapan dari 10 pasangan berusaha untuk terhubung secara online ketika mereka terpisah oleh jarak. Sementara 62 persen pasangan mengaku bahwa menjalin hubungan secara digital membuat mereka merasa lebih dekat dengan satu sama lain.

Tidak hanya itu, pasangan yang berbagi aktivitas online -- seperti akun dalam layanan online dan perangkat mobile -- mengaku bahwa hubungan mereka menjadi lebih baik. Setidaknya itulah yang disebutkan oleh 53 persen pasangan responden dari survei Kaspersky. 

Di sisi lain, penggunaan perangkat mobile yang berlebihan bisa menciptakan pertengkaran. Sebanyak 55 persen orang bisa berdebat dengan pasangan mereka karena mereka menghabiskan waktu terlalu banyak pada perangkat digital. Serangan siber juga bisa menjadi alasan lain pasangan bertengkar.

Sebanyak 24 persen pasangan mengaku bertengkar setelah salah satu dari mereka menyebabkan perangkat terinfeksi malware. Sementara itu, 19 persen bertengkar setelah pasangan mereka menjadi korban penipuan online. 

Pasangan juga bisa bertengkar karena hal-hal kecil. Misalnya, 25 persen pasangan bertengkar karena berebut siapa yang harus menggunakan perangkat, 45 persen bertengkar karena pasangan menggunakan perangkat tapi lupa mengisi baterainya dan 28 persen lainnya bertengkar karena pasangan menghilangkan perangkat. 

"Kemampuan perangkat digital modern telah menciptakan peluang besar bagi pasangan, memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dan membangun hubungan mereka bahkan ketika mereka tidak bersama-sama", kata Dmitry Aleshin, VP untuk Product Marketing, Kaspersky Lab. 

“Tapi, ada sisi positif dan negatif yang harus diperhitungkan. Perangkat yang sama yang membantu pasangan untuk mengamankan cinta mereka ketika mereka terpisah, juga dapat menyebabkan argumen ketika mereka digunakan secara tidak bertanggung jawab."


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.