Google Mulai Seleksi Aksesori Pihak Ketiga untuk Pixel?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 03 Oct 2017 19:23 WIB
google
Google Mulai Seleksi Aksesori Pihak Ketiga untuk Pixel?
Google dilaporkan akan memulai inisiatif sertifikasi untuk aksesori Pixel karya pihak ketiga, bernama Made for Google.

Metrotvnews.com: Jelang acara pengumuman Pixel generasi kedua, Google dilaporkan memulai inisiatif baru yang akan diumumkannya pada ajang tersebut. Inisiatif tersebut berupa program sertifikasi untuk aksesori pihak ketiga, bernama Made for Google.

Belum tersedia informasi detil terkait dengan program tersebut, namun 9to5Google menyebut program Made for Google akan segera diumumkan. Belum diketahui pasti waktu pengumumannya.

Program ini diperkirakan serupa dengan program Apple MFi (Made for iPhone/iPad/iPod), memungkinkan pihak ketiga memperoleh sertifikasi persetujuan Apple pada aksesori yang mereka tawarkan.

Sebagai informasi, program tersebut diberikan Apple untuk menjamin level kualitas pada produk tersebut dan sering kali menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Apple mengharuskan pihak ketiga menggunakan chip dan konektor resmi, yang hanya dijual oleh Apple.

Hal tersebut memungkinkan Apple memperoleh keuntungan dari perangkat yang menggunakan chip dan konektor tersebut. Sementara itu, hingga saat ini masih belum diketahui rencana Google pada program tersebut akan serupa dengan program yang diusung Apple.

Google tidak memiliki basis instalasi hardware besar layaknya Apple, sehingga diperkirakan akan memudahkan perusahaan untuk menciptakan aksesori untuk ponsel Pixel. Sehingga akan tersedia banyak opsi yang dapat dipilih oleh pembeli.

Terdapat sejumlah hal yang dapat ditawarkan oleh Google pada program sertifikasi tersebut. Ponsel Pixel menjadi awal yang baik, meski Google dapat memperluas cakupan aksesori tersebut ke headset VR, speaker dan Chromebook karyanya. Google juga dapat mulai melakukan sertifikasi pada speaker dan headphone dengan dukungan asisten suara karyanya.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.