Indonesia Menangkan Winner of Busan Global Smart Cities Challenge

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 07 Oct 2017 12:33 WIB
teknologi
Indonesia Menangkan Winner of Busan Global Smart Cities Challenge
Young ICT Leader's Forum diadakan di Korea Selatan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Winner of Busan Global Smart Cities Challenge dalam Young ICT Leader's Forum 2017. Ialah Irvandias Sanjaya, mahasiswa UGM Fakultas Psikologi angkatan 2013 yang berhasil mewakili Indonesia dan memenangkan penghargaan tersebut. 

Pria yang akrab disapa Dias ini mengaku, ketika mengikuti perlombaan, awalnya dia merasa ragu karena hampir 95 persen peserta yang ikut merupakan mahasiswa fakultas IT dan teknologi. Meskipun begitu, dia berhasil mendapatkan gelar juara dalam kompetisi yang diadakan di Korea Selatan tersebut. 

Young ICT Leader's Forum 2017 adalah kegiatan tahunan tingkat dunia yang diadakan oleh ITU yang bekerja sama dengan pemerintah lokal Busan. Program ini diikuti oleh 30 mahasiswa dari 28 negara, salah satunya Indonesia.

Program ini bertujuan untuk mempertemukan para akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, komunitas dan media untuk membahas tema Smart Cities and SDGs. 

Salah satu kompetisi yang diadakan dalam program itu adalah Busan Global Smart Cities Challenge. Dari 2.000 orang dari 120 negara yang mendaftar, dipilih sebanyak 20 orang terbaik. Mereka kemudian diundang ke Korea Selatan via program beasiswa.

Di sana, kedua puluh peserta itu akan diminta untuk memberikan presentasi di hadapan profesional dari berbagai negara dan peserta lainnya. 

Dalam presentasinya, Dias membahas tentang proyek startup yang dia sedang kerjakan. Proyek bernama Design for Dream itu melibatkan peran penyandang disabilitas dengan isu Smart Cities dan SDG melalui CrowdHelping yang startup-nya lakukan. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.