Google Assistant Terima Kemampuan Baru

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 11 Mar 2018 11:14 WIB
google
Google Assistant Terima Kemampuan Baru
Google menggulirkan update berisi fitur dan perbaikan baru untuk fungsi Actions di Assistant.

Jakarta: Google kembali menggulirkan update untuk asisten digital miliknya, dan menambahkan fitur dan perbaikan baru untuk menawarkan pengalaman penggunaan lebih baik. Update minggu ini menghadirkan sejumlah perubahan yang didemokan di ajang South by Southwest Conference (SXSW).

Mulai minggu ini, Google menggulirkan fitur baru untuk Action dan mengusung nama Custom Device Actions. Fitur ini akan memungkinkan produsen perangkat untuk memperluas kehadiran Assistant dan menambahkan fungsionalitas bawaan khusus pada perangkat.

Hal ini dapat diartikan bahwa pengguna Google Assistant akan dapat memerintahkan asisten virtual tersebut untuk mengaktifkan tugas khusus, seperti siklus warna dari mesin cuci. Selain itu, Google juga mengumumkan bahwa pengguna akan dapat berlangganan notifikasi pada ponsel dari fitur Actions favorit.

Berlangganan notifikasi tersebut akan memungkinkan pengguna menerima informasi yang disukai, seperti harga saham, peringatan baru, kutipan dan sebagainya. Actions kini juga mendukung fitur playback media di speaker dan ponsel Android.

Pada dasarnya, dukungan playback media ini memberikan pengguna Google Assistant akses ke pengalaman audio lebih baik, termasuk ke suara menenangkan, klip dari acara TV kesukaan, serta informasi singkat terkait berita.

Fitur Actions baru ini dapat dinikmati oleh pengguna Google Assistant, dan mendukung sejumlah acara TV seperti American Idol, Trivia fari iHeartRadio, Calm, The Mindfulness App dan acara lainnya.

Sebelumnya, Google menghadirkan update berisi Mario dan mobilnya yang akan memandu pengguna di aplikasi Maps, sebagai bentuk perayaan hari Mario pada 10 Maret. Mario dan mobilnya tersebut akan hadir di Google Maps selama satu pekan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.