Apple akan Bangun Pusat R&D di Indonesia Tahun Depan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Nov 2016 09:25 WIB
apple
Apple akan Bangun Pusat R&D di Indonesia Tahun Depan
Apple dikabarkan akan bangun pusar R&D di Indonesia. (AFP PHOTO / GABRIELLE LURIE)

Metrotvnews.com: Asia adalah pasar berpotensi besar untuk Apple. Karena itu, tidak heran jika pembuat iPhone itu mulai fokus untuk membangun fasilitas R&D miliknya di kawasan tersebut.

Setelah pengumuman pengembangan beberapa pusat pengembangan di India dan Tiongkok, Apple disebutkan akan membangun pusat R&D di Jakarta tahun depan.

Perusahaan raksasa teknologi ini akan membangun pusat R&D mulai awal 2017. Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara berkata, persiapan proyek pengembangan ini telah memasuki tahap akhir.

Menurut 9to5Mac, Rudiantara berkata, Apple akan mengonfirmasi tempat pembangunan fasilitasnya pada bulan depan. Sementara proses konstruksi dan perekrutan karyawan dilakukan pada tahun 2017. Pemerintah Indonesia berkata, Apple telah menunjukkan nilai investasi ini tapi tidak bisa mengumumkannya ke masyarakat.

Meskipun sebagian besar R&D Apple difokuskan di Cupertino, mereka memiliki beberapa kantor satelit di berbagai negara. Ada beberapa alasan mengapa Apple membangun kantor tersebut. Salah satunya adalah karena Apple ingin memanfaatkan talenta masyarakat lokal.

Alasan lainnya adalah untuk memastikan hubungan baik dengan negara-negara sehingga mereka memberikan izin bagi Apple untuk memasukkan produknya.

MakeMac memperkirakan, pembangunan fasilitas ini adalah usaha Apple agar mereka bisa menjual ponsel 4G di Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Pemerintah Indonesia memang sedang gencar menerapkan peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ponsel 4G. Pada bulan Juli, ditetapkan 2 skema TKDN, yaitu software dan hardware. Pada bulan September, Kementerian Perindustrian menetapkan satu skema baru, yaitu investasi.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /