Malware Buatan Rusia Kini Incar Perangkat Apple

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 16 Feb 2017 11:31 WIB
cyber security
Malware Buatan Rusia Kini Incar Perangkat Apple
Grup hacker asal Rusia kini buat malware yang menargetkan Mac. (Volkan Furuncu / Anadolu Agency / Getty Images)

Metrotvnews.com: Hacker asal Rusia yang diduga menyerang Komite Nasional Demokrat (DNC) AS kini mengincar para pengguna Mac.

APT28 telah meluncurkan malware baru yang akan menciptakan backdoor di Mac, memungkinkan para hacker untuk mencuri password di peramban internet, mengambil screenshot, dan mencuri data backup iPhone yang tersimpan di komputer, menurut perusahaan keamanan software asal Romania, Bitdefender.

"Saat ini, kami tidak tahu organisasi mana yang menjadi target, tapi kaitan dengan kriminal siber APT28 jelas: penggunaan downloader/dropper yang sama, URL dari command and control serupa, juga kode yang ada di file binary-nya," ujar Bitdefender.

Apple tidak menjawab saat dimintai komentar terkait hal ini, seperti yang disebutkan oleh CNET.

APT28 adalah salah satu grup Rusia yang dituduh ikut campur tangan dalam pemilu AS. Ia juga dikenal dengan nama Fancy Bear, Sofacy dan nama-nama lain dan telah aktif sejak pertengahan tahun 2000, menurut perusahaan keamanan siber, CrowdStrike. 

Para hacker tersebut diduga mendapat dukungan pemerintah Rusia, dan telah melakukan serangkaian serangan di AS, Eropa Barat, Brasil, Kanada, Tiongkok, Georgia, Iran, Jepang, Malaysia dan Korea Selatan.

Laporan dari FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) pada Desember lalu menyebutkan bahwa APT28 -- yang merupakan kepanjangan dari Advanced Persistent Threat -- telah menembus sistem DNC pada musim semi 2016. Sejak saat itu, pemerintah AS melakukan investigasi tentang campur tangan lain dari pihak Rusia dalam pemilu AS.

"APT28 dikenal dengan caranya memanfaatkan domain yang sangat mirip dengan organisasi yang menjadi target mereka dan membuat korban memasukkan kredensial yang sebenarnya," ujar FBI dan DHS dalam laporannya.

"Setelah APT28 dan APT29 (grup hacker asal Rusia lainnya) mendapatkan akses ke korban keduanya akan mengambil dan menganalisa informasi yang bernilai."


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /