Ikut Microsoft, Facebook Mulai Lirik Kacamata AR

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 27 Oct 2018 12:55 WIB
facebook
Ikut Microsoft, Facebook Mulai Lirik Kacamata AR
Facebook dilaporkan masih melanjutkan upayanya dalam pengembangan kacamata cerdas berteknologi AR.

Jakarta: Dunia mungkin belum siap adopsi mainstream dari kacamata cerdas Google pada tahun 2014. Microsoft HoloLens juga masih dalam tahap pengembangan, meski Augmented Reality (AR) menjadi bukti teknologi revolusioner pada skala lebih besar.

Pengalaman AR berbeda dari dunia virtual reality, menjaga pengguna tetap terhubung dengan lingkungan nyata di sekitar mereka, sementara obyek dan tindakan buatan dihadirkan dengan level berbeda, termasuk visual, auditory, haptic dan olfatory.

Software AR yang tersedia secara praktis mendorong perilisan hardware inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman dalam kehidupan pengguna. Perusahaan seperti Google hingga Samsung, Apple, dan Facebook tengah berupaya meningkatkan area pengembangan.

Setelah mengungkap perangkat hardware pertama kontroversial pertamanya, Facebook tidak lagi berupaya keras untuk menciptakan headset game berteknologi ini. Kepala divisi AR Oculus Ficus Kirkpatrick menyebut bahwa Facebook tengah mengembangkan kacamata cerdas berteknologi ini.

Sayanganya, produk yang diprediksi raksasa jejaring sosial tersebut masih terlalu jauh, meski hal ini bukan berarti hal buruk baru Facebook yang harus meningkatkan persepsi merek secara signifikan.

Facebook juga harus meningkatkan keamanan dari produk hardware dan software buatannya secara signifikan sebelum merilis produk penting ini. Hingga saat itu, perusahaan ini juga tengah melakukan banyak penelitian, dengan dukungan banyak orang berbakat dalam pengembangan teknologi terkait AR dan VR.

Pengembangan tersebut dinilai akan memainkan peran besar dalam perangkat di masa depan. Facebook juga dilaporkan TechCrunch berupaya menghadirkan VR di rumah dan AR di perjalanan, serta mempersiapkan kasus penggunaan berbeda untuk kedua teknologi yang mungkin akan mencakup pada sejumlah level.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

3 days Ago

Advan adalah produsen smartphone lokal yang bisa dibilang pejuang sejati. 

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.