Apa Arti Nama iPhone XR dan XS?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 23 Oct 2018 13:06 WIB
apple
Apa Arti Nama iPhone XR dan XS?
Senior Vice President of Worldwide Marketing Phil Schiller. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Jakarta: Selama ini, Apple selalu menambahkan huruf "S" pada lini iPhone baru dengan desain yang sama dengan pendahulunya.

Apple telah mulai menggunakan huruf S pada nama produk barunya sejak 2009 ketika mereka meluncurkan iPhone 3GS. Dan kini, mereka kembali menggunakan huruf S pada iPhone terbarunya.

Lalu, apa arti huruf S pada iPhone XS?

Ternyata, huruf S pada nama iPhone tidak memiliki arti apapun, menurut Senior Vice President of Worldwide Marketing Phil Schiller. Hal ini dia sampaikan dalam wawancara dengan Engadget.

Dia menyebutkan bahwa huruf yang Apple pilih untuk digunakan dalam nama produk mereka tidak memiliki arti apapun, termasuk pada tiga iPhone baru tahun ini, yaitu iPhone XS, XS Max dan XR.

Meskipun begitu, Schiller menjelaskan bahwa huruf R dan S memiliki arti tersendiri untuknya. "Saya suka mobil dan hal-hal dengan kecepatan tinggi, dan R juga S adalah dua huruf yang sering digunakan pada mobil sport yang sangat istimewa," kata Schiller, seperti yang dikutip dari The Verge.

Dulu, huruf S memiliki arti tersendiri pada produk Apple. Misalnya, ketika Apple meluncurkan iPhone 3GS, Schiller mengatakan bahwa S memiliki arti kecepatan. "S untuk Speed (kecepatan), karena ini adalah iPhone tercepat, terkuat yang pernah kita buat," katanya.

Dua tahun setelah peluncuran iPhone 3GS, CEO Tim Cook menjelaskan bahwa huruf S pada iPhone 4S melambangkan "Siri", asisten digital Apple yang ketika itu pertama kali dikenalkan.

Apple berhenti menjelaskan arti nama yang mereka sematkan pada iPhone pada 2013, ketika mereka meluncurkan iPhone 5S dan 5C.

Menariknya, iPhone SE justru memilki arti sendiri. Menurut Schiller, SE adalah singkatan dari Special Edition. Sekarang, Apple memilih nama yang kembali tidak memiliki arti apapun. Ini adalah hal yang cukup aneh, mengingat biasanya Apple sangat peduli pada detail pada produknya.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.