Mobil Tanpa Sopir Baidu Adopsi Sistem NVIDIA

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 15 Sep 2016 11:24 WIB
nvidia
Mobil Tanpa Sopir Baidu Adopsi Sistem NVIDIA
NVIDIA Drive PX2 akan digunakan di mobil otonom Baidu

Metrotvnews.com: NVIDIA memamerkan sistem komputer dengan kecerdasan buatan terbaru untuk mobil otomatis tanpa pengemudi (mobil otonom).

Menurut Reuters, NVIDIA mengklaim sistem komputer baru yang bernama Drive PX2 tersebut memiliki bentuk lebih ringkas dan mampu menghadirkan kecerdasan buatan yang lebih efisien. Sistem komputer tersebut juga akan digunakan di mobil otonom Baidu.

Baidu yang merupakan perusahaan Tiongkok yang bergerak di layanan internet dan website juga telah mengkonfirmasi hal tersebut.

Digunakannya Drive PX2 di mobil otonom Baidu menandakan NVIDIA mulai memasarkan produknya di pasar. Langkah tersebut dinilai cukup tepat mengingat banyak produsen mobil yang mulai melirik teknologi mobil otonom saat ini.

NVIDIA mengatakan sistem komputer Driver PX2 yang dihadirkannya di mobil otonom Baidu kali ini hanya membutuhkan daya sebesar 10 watt serta memiliki bentuk yang lebih ringkas.

Hal tersebut memang merupakan solusi bagi produsen mobil karena sebuah mobil otonom harus memiliki sistem komputer dengan kecerdasan buatan yang mumpuni namun tidak memakan daya yang besar.

Selain lebih ringkas dan lebih hemat daya, sistem komputer Drive PX2 terbaru juga masih memiliki kemampuan seperti versi orisinalnya yang diumumkan bulan Januari 2016.

Drive PX2 mampu menganalisis keadaan di sekitar mobil dari berbagai sensor dengan menggunakan teknologi deep neural network sehingga mobil bisa mengenali objek di sekitarnya. Semua itu dihadirkan hanya dengan melalui sebuah prosesor saja.


(MMI)

Video /