LAPAN Segera Umumkan Identitas Benda Jatuh Antariksa di Sumenep

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 06 Oct 2016 22:19 WIB
lapan
LAPAN Segera Umumkan Identitas Benda Jatuh Antariksa di Sumenep
Ilustrasi: Local10

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan mengumumkan informasi terkait benda yang jatuh di sekitar Sumenep, Jawa Timur.

Warga Sumenep dihebohkan dengan penemuan benda asing yang jatuh dari langit. Peristiwa tersebut menjelaskan perkiraan adanya benda jatuh, yang pergerakkan jatuhnya terpantau oleh Pusat Sains Antariksa LAPAN, Senin (26/9/2016).

Pada hari itu, memang terdapat dua benda yang terpantau melintas di atas Pulau Madura, yakni bekas roket Delta PAM-D sekitar pukul 06.30 WIB, dan bekas roket Falcon 9 pada pukul 09.30 WIB.

Bekas roket Falcon 9 ditemukan jatuh di SUmenep, Jawa Timur. Kepingan yang jatuh ini adalah bagian dari tingkat atas roket yang dipakai meluncurkan satelit komunikasi JCSAT 16 milik Jepang pada 14 Agustus lalu. Roket milik SpaceX ini meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Menurut keterangan resmi LAPAN, Falcon 9 adalah roket pertama di dunia yang menggunakan teknologi khusus yang memungkinkannya mendarat kembali di Bumi. Benda yang jatuh adalah bagian tingkat kedua roket tersebut.

Berdasarkan identifikasi lapangan oleh tim LAPAN, benda tersebut terjatuh di beberapa titik di Pulau Giligenteng dan Pulau Giliraja.

Serpihan benda tersebut tidak menimbulkan kerugian kepada lingkungan sekitarnya. Tim investigasi LAPAN bekerja sama dengan BAPETEN juga tidak menemukan adanya radiasi nuklir dari pecahan roket tersebut.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.