Nantinya, Anda Bisa Hapus Pesan WhatsApp Setelah Satu Jam

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 13 Mar 2018 10:35 WIB
whatsapp
Nantinya, Anda Bisa Hapus Pesan WhatsApp Setelah Satu Jam
WhatsApp menambah jangka waktu untuk dapat menghapus pesan yang tidak sengaja terkirim.

Jakarta: Secara diam-diam, WhatsApp mengubah cara kerja fitur penghapus pesan miliknya. Pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober, fitur "delete for everyone" ini hanya memungkinkan pengguna menghapus pesan hingga tujuh menit setelah dikirim.

Akun Twitter WABetaInfo mengunggah tweet yang menyebut versi terbaru aplikasi WhatsApp untuk perangkat iOS hadir dengan jangka waktu lebih lama untuk menghapus pesan yang telah dikirimkan tersebut, yaitu menjadi satu jam, delapan menit dan 16 detik.

Hingga saat ini, masih belum ketahui secara pasti alasan dibalik batasan waktu yang spesifik tersebut,. Halaman dukungan WhatsApp tidak menyediakan informasi tambahan terkait dengan batasan waktu tersebut.

Satu jam dinilai waktu yang cukup lama untuk dapat menghapus pesan yang dikirimkan secara tidak sengaja, atau menghapus seluruh percakapan dari ponsel teman. WhatsApp tidak menawarkan opsi percakapan rahasia serupa kompetitor.

Sejumlah aplikasi pesan kompetitor WhatsApp memiliki kemampuan menciptakan percakapan temporer yang tidak disimpan pada perangkat pengirim dan penerima. Tambahan waktu ini dinilai dapat memfasilitasi lebih banyak percakapan temporer di WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan fitur yang paling banyak diminta pengguna Android, yaitu ikon adaptif pada versi 2.18.74 beta. Versi ini mengaplikasikan lingkaran, kotak bersudut membulat, kotak, bentuk air, dan oval pada ikon aplikasi.

WhatsApp juga dilaporkan siap menggulirkan update untuk WhatsApp Beta versi Windows Phone, dalam versi 2.18.30. Pada versi ini, WhatsApp mempersiapkan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah Live Location. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan pengguna lain dalan kurun waktu tertentu.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.