Bandara Utama Korea Utara Akhirnya Punya Wi-Fi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 29 Dec 2017 16:46 WIB
internetkorea utara
Bandara Utama Korea Utara Akhirnya Punya Wi-Fi
Ilustrasi. (Ed Jones/AFP/Getty Images)

Jakarta: Korea Utara mengambil keputusan yang mengejutkan dengan menyediakan layanan Wi-Fi di bandara utamanya.

Namun, masih ada banyak keterbatasan terkait penggunaan layanan tersebut. Wi-Fi itu tidak bisa digunakan oleh semua orang. Akses internet tersebut hanya bisa digunakan oleh warga negara asing. 

Keberadaan Wi-Fi itu disadari oleh Eric Talmadge yang menulis artikel terkait untuk Associated Press. Talmadge menemukan ikon Wi-Fi ketika dia sedang berada di bandara Pyongyang, Korea Utara.

Layanan tersebut disediakan menggunakan balon. Menurut SlashGear, balon tersebut terdengar seperti balon-balon yang digunakan untuk menyediakan akses internet di Puerto Rico. 

Wi-Fi ini hanya disediakan untuk penumpang di bagian keberangkatan internasional. Layanan tersebut dihargai USD2 (Rp27 ribu) per 30 menit, menurut Talmadge, yang menyebutkan bahwa dia harus memberikan nomor paspor miliknya sebelum mendapatkan username dan password untuk masuk. 

Sayangnya, Talmadge tidak bisa menggunakan internet tersebut. Dia berkata, dia tidak bisa masuk, bahkan setelah meminta tolong pada petugas bandara.

Pada akhirnya, uangnya dikembalikan karena internet tersebut tidak bisa diakses. Memang, biasanya internet di bandara memiliki kualitas kurang baik. 

Meskipun begitu, Talmadge menyebutkan bahwa membeli layanan internet dan mencari bantuan dari para petugas adalah pengalaman yang menyenangkan. Dia berkata, "para petugas terlihat memang ingin membantu."


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.