LG Pasang Kamera Pintar untuk V30s

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 13 Feb 2018 14:08 WIB
lg
LG Pasang Kamera Pintar untuk V30s
LG mengonfirmasi akan membekali fitur kamera berteknologi AI pada LG V30 2018 atau LG V30s.

Jakarta: LG mengumumkan akan memamerkan rangkaian teknologi kecerdasan buatan (AI) pertamanya pada versi baru dari V30 di ajang Mobile World Congress pada bulan Februari ini. Informasi tersebut mengonfirmasi rumor terbaru yang beredar di Korea Selatan.

Pada minggu lalu, ET News melaporkan bahwa ponsel baru bertajuk V30s siap diumumkan pada ajang MWC 2018 mendatang, dan akan dibekali dengan fitur kamera berteknologi AI. Laporan tersebut dikonfirmasi LG, yang menyebut teknologi AI akan tersedia pada LG V30 versi 2018.

LG juga menyebut bahwa teknologi tersebut awalnya terfokus pada pengenalan gambar, dan disebut sebagai Vision AI. Teknologi ini melibatkan analisis gambar secara otomatis pada rekomendasi mode pemotretan, serupa teknologi milik Huawei pada chip Kirin 970 di Mate 10.

Selain itu, teknologi ini juga melibatkan kemampuan pengenalan obyek dan saran belanja, serupa Lens pada Google Pixel. Tersedia juga fitur yang diklaim memanfaatkan AI untuk menawarkan performa pemotretan pada kondisi pencahayaan redup lebih baik.

Setidaknya untuk saat ini, LG tidak berupaya untuk mengembangkan asisten suara smartphone miliknya, serupa upaya Samsung Bixby. Sebaliknya, LG mengandalkan Google Assistant dan mengembangkan sejumlah perintah suara khusus untuk ponsel LG.

Saat ini terdapat sebanyak 23 perintah suara, dan dilaporkan akan bertambah menjadi 32 perintah suara pada tahun 2018 ini. Hal tersebut berarti pengguna akan dapat menggunakan suara untuk memicu fitur tertentu, sebagai contoh yaitu foto baru.

LG juga menekankan pada inisiatif AI bertajuk ThinQ pada ajang CES bulan lalu, namun lebih merujuk pada teknologi tambahan untuk produk karyanya. Sementara itu, rangkaian TV LG tahun 2018 telah mendukung Google Assistant dan Alexa.

Upaya LG menghadirkan sentuhan teknologi pada produknya juga terlihat pada pengembangan kulkas berlayar sentuh dengan dukungan webOS dan Alexa. LG juga dikabarkan tengah mengembangkan speaker yang dapat berfungsi dengan platform asisten suara kenamaan.

LG menyebut sejumlah fitur AI pada V30 2018 juga akan tersedia pada ponsel LG yang telah beredar di pasar, namun tidak menjelaskan secara spesifik fitur yang akan disediakannya tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.