Terowongan Keamanan di Bandara Dubai Bisa Kenali Wajah

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Oct 2017 07:26 WIB
teknologi
Terowongan Keamanan di Bandara Dubai Bisa Kenali Wajah
Terowongan canggih di Bandara Internasional Dubai akan ada di seluruh terminal pada tahun 2020 (THE NATIONAL)

Metrotvnews.com: Meningkatnya jumlah kedatangan di bandara Dubai, Uni Emirat Arab, membuat petugas keamanan harus bekerja lebih cepat dalam memeriksa keamanan tiap pengunjung.

Otoritas Penerbangan Sipil Uni Emirat Arab memutuskan menggunakan sebuah terowongan canggih yang bisa mempercepat proses pengecekan dan menghindari antrian.

Dilaporkan media setempat The National, terowongan ini dari luar tampak seperti terowongan biasa, yang di bagian dalamnya melekat layar yang menampilkan beragam video yang resolusinya sangat tajam.

Namun, dibalik layar tersebut tersimpan sensor pemindai wajah yang bisa mengenali setiap pengunjung bandara dan melakukan registrasi. Fungsinya bisa menggantikan pos registrasi kedatangan yang biasa ditemukan pada jalur penerbangan luar negeri.

Deputy Director General of Dubai Residency and Foreign Affairs, Obaid Al Hameeri menceritakan bahwa video yang ditayangkan sebetulnya hanya hiburan saja tapi pada beberapa bagian video akan muncul momen yang menarik perhatian siapa pun yang lewat di dalamnya.

“Ketika seseorang tersebut fokus ke arah video, pemindai di balik layar akan bekerja untuk memindai wajah mereka. Pengembangan ke depannya juga akan tersedia pemindai iris pada mata dan yang bisa mengenali beragam jenis bahan peledak,” ungkapnya. Dia menyebutkan, untuk pemindai bahan peledak, teknologinya akan diimpor dari Tiongkok.

Pihak bandara menjelaskan, di balik layar ada 80 kamera pemindai yang bisa membaca bagian wajah orang yang melewatinya. Apabila tidak ada indikasi ancaman atau bahaya dari orang yang melewatinya, terowongan akan memberikan tanda hijau. Jika mencurigakan, terowongan ini akan memberitahukan pada petugas keamanan bandara.

Teknologi ini lahir dari proses pemikiran 18 bulan untuk menciptakan sebuah sistem keamanan yang mempercepat proses pengecekan keamanan dan registrasi pengunjung bandara. Alasannya, dia memprediksi bahwa akan ada lebih dari 124 juta penumpang penerbangan yang datang lewat Bandara Dubai di tahun 2020.

“Rencananya, sistem keamanan terowongan ini akan mulai dipasang pada 2018, dan diprioritaskan di Terminal 3 Bandara Internasional Dubai. Dan di tahun 2020 sudah terpasang di semua terminal. Kita menggandeng jasa penerangan Emirates karena merupakan layanan penerbangan internasional terbaik dan resmi di negara kami,” jelas Al Hameeri.


(MMI)

Video /