Terowongan Keamanan di Bandara Dubai Bisa Kenali Wajah

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Oct 2017 07:26 WIB
teknologi
Terowongan Keamanan di Bandara Dubai Bisa Kenali Wajah
Terowongan canggih di Bandara Internasional Dubai akan ada di seluruh terminal pada tahun 2020 (THE NATIONAL)

Metrotvnews.com: Meningkatnya jumlah kedatangan di bandara Dubai, Uni Emirat Arab, membuat petugas keamanan harus bekerja lebih cepat dalam memeriksa keamanan tiap pengunjung.

Otoritas Penerbangan Sipil Uni Emirat Arab memutuskan menggunakan sebuah terowongan canggih yang bisa mempercepat proses pengecekan dan menghindari antrian.

Dilaporkan media setempat The National, terowongan ini dari luar tampak seperti terowongan biasa, yang di bagian dalamnya melekat layar yang menampilkan beragam video yang resolusinya sangat tajam.

Namun, dibalik layar tersebut tersimpan sensor pemindai wajah yang bisa mengenali setiap pengunjung bandara dan melakukan registrasi. Fungsinya bisa menggantikan pos registrasi kedatangan yang biasa ditemukan pada jalur penerbangan luar negeri.

Deputy Director General of Dubai Residency and Foreign Affairs, Obaid Al Hameeri menceritakan bahwa video yang ditayangkan sebetulnya hanya hiburan saja tapi pada beberapa bagian video akan muncul momen yang menarik perhatian siapa pun yang lewat di dalamnya.

“Ketika seseorang tersebut fokus ke arah video, pemindai di balik layar akan bekerja untuk memindai wajah mereka. Pengembangan ke depannya juga akan tersedia pemindai iris pada mata dan yang bisa mengenali beragam jenis bahan peledak,” ungkapnya. Dia menyebutkan, untuk pemindai bahan peledak, teknologinya akan diimpor dari Tiongkok.

Pihak bandara menjelaskan, di balik layar ada 80 kamera pemindai yang bisa membaca bagian wajah orang yang melewatinya. Apabila tidak ada indikasi ancaman atau bahaya dari orang yang melewatinya, terowongan akan memberikan tanda hijau. Jika mencurigakan, terowongan ini akan memberitahukan pada petugas keamanan bandara.

Teknologi ini lahir dari proses pemikiran 18 bulan untuk menciptakan sebuah sistem keamanan yang mempercepat proses pengecekan keamanan dan registrasi pengunjung bandara. Alasannya, dia memprediksi bahwa akan ada lebih dari 124 juta penumpang penerbangan yang datang lewat Bandara Dubai di tahun 2020.

“Rencananya, sistem keamanan terowongan ini akan mulai dipasang pada 2018, dan diprioritaskan di Terminal 3 Bandara Internasional Dubai. Dan di tahun 2020 sudah terpasang di semua terminal. Kita menggandeng jasa penerangan Emirates karena merupakan layanan penerbangan internasional terbaik dan resmi di negara kami,” jelas Al Hameeri.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.