Harga Bitcoin Sudah Tembus Rp128 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 27 Nov 2017 17:01 WIB
bitcoin
Harga Bitcoin Sudah Tembus Rp128 Juta
Harga bitcoin terus naik. (AFP PHOTO / Justin TALLIS)

Jakarta: Nilai Bitcoin terus menguat. Harga mata uang virtual tersebut meroket hingga menembus USD9 ribu (Rp121,6 juta) pada hari Minggu waktu Amerika Serikat dan melewati USD9,5 ribu (Rp128,4 juta) pada hari Senin waktu Asia. 

Keadaan pasar saham di dunia memang membaik tahun ini, tapi kenaikan tersebut terlihat tidak menarik jika dibandingkan dengan kenaikan harga Bitcoin. Harga mata uang virtual tersebut, yang naik menjadi USD8 ribu (Rp108,1 juta) per minggu lalu, telah meningkat sebesar 860 persen sejak awal tahun ini. 

Sebagian eksekutif finansial ternama skeptis akan kenaikan bitcoin. Meskipun begitu, para ahli percaya, kenaikan nilai bitcoin disebabkan oleh ekspektasi bahwa para investor profesional besar, seperti manajer aset, sebentar lagi akan memasukkan dana mereka ke mata uang virtual tersebut. 

Jika badan modal memasukkan dananya ke mata uang virtual, meskipun sedikit, hal ini akan memberikan efek besar di pasar bitcoin, kata Head of Marketing, Hong Kong Bitcoin Exchange, Gatecoin, Thomas Glucksmann. Belakangan, mata uang virtual memang telah mulai mendapatkan legitimasi di sebagian industri keuangan. 

Perjalanan bitcoin untuk mencapai nilai USD9,5 ribu tidak berjalan dengan mulus. Ada beberapa masalah yang muncul. Pada September, nilai bitcoin turun 20 persen setelah pemerintah Tiongkok mengambil tindakan tegas terkait mata uang virtual tersebut.

Sementara pada awal bulan ini, nilai bitcoin juga sempat turun 30 persen hanya dalam waktu beberapa hari. Namun, nilai bitcoin kembali naik. Mata uang virtual adalah "koin" virtual yang "ditambang" menggunakan komputer dengan melakukan algoritma kompleks. Di antara banyak mata uang virtual, bitcoin adalah yang paling populer.


(MMI)