Harga Bitcoin Sudah Tembus Rp128 Juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 27 Nov 2017 17:01 WIB
bitcoin
Harga Bitcoin Sudah Tembus Rp128 Juta
Harga bitcoin terus naik. (AFP PHOTO / Justin TALLIS)

Jakarta: Nilai Bitcoin terus menguat. Harga mata uang virtual tersebut meroket hingga menembus USD9 ribu (Rp121,6 juta) pada hari Minggu waktu Amerika Serikat dan melewati USD9,5 ribu (Rp128,4 juta) pada hari Senin waktu Asia. 

Keadaan pasar saham di dunia memang membaik tahun ini, tapi kenaikan tersebut terlihat tidak menarik jika dibandingkan dengan kenaikan harga Bitcoin. Harga mata uang virtual tersebut, yang naik menjadi USD8 ribu (Rp108,1 juta) per minggu lalu, telah meningkat sebesar 860 persen sejak awal tahun ini. 

Sebagian eksekutif finansial ternama skeptis akan kenaikan bitcoin. Meskipun begitu, para ahli percaya, kenaikan nilai bitcoin disebabkan oleh ekspektasi bahwa para investor profesional besar, seperti manajer aset, sebentar lagi akan memasukkan dana mereka ke mata uang virtual tersebut. 

Jika badan modal memasukkan dananya ke mata uang virtual, meskipun sedikit, hal ini akan memberikan efek besar di pasar bitcoin, kata Head of Marketing, Hong Kong Bitcoin Exchange, Gatecoin, Thomas Glucksmann. Belakangan, mata uang virtual memang telah mulai mendapatkan legitimasi di sebagian industri keuangan. 

Perjalanan bitcoin untuk mencapai nilai USD9,5 ribu tidak berjalan dengan mulus. Ada beberapa masalah yang muncul. Pada September, nilai bitcoin turun 20 persen setelah pemerintah Tiongkok mengambil tindakan tegas terkait mata uang virtual tersebut.

Sementara pada awal bulan ini, nilai bitcoin juga sempat turun 30 persen hanya dalam waktu beberapa hari. Namun, nilai bitcoin kembali naik. Mata uang virtual adalah "koin" virtual yang "ditambang" menggunakan komputer dengan melakukan algoritma kompleks. Di antara banyak mata uang virtual, bitcoin adalah yang paling populer.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

1 week Ago

Advan adalah produsen smartphone lokal yang bisa dibilang pejuang sejati. 

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.