Beredar Berita Palsu ASUS AREZ Batal Diproduksi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 23 May 2018 08:08 WIB
Beredar Berita Palsu ASUS AREZ Batal Diproduksi
Produk VGA ASUS AREZ.

Jakarta: Akibat program NVIDIA GeForce Partner Program, beberapa vendor sempat mengumumkan VGA khusus  yang menggunakan GPU AMD, seperti ASUS yang menciptakan AREZ untuk AMD dan ROG untuk NVIDIA.

NVIDIA akhirnya menghentikan program tersebut, sehingga langkah yang sudah dilakukan oleh beberapa produsen VGA ini menjadi sia-sia.

Sempat beredar kabar bahwa ASUS menghentikan proyek peluncuran ASUS AREZ. Kabar itu dilaporkan oleh beberapa media berasal dari sebuah akun Twitter ASUS AREZ yang sempat membuat cuitan yang mengatakan bahwa ASUS AREZ menuju akhir riwayatnya, dan ASUS ROG akan tetap eksis.

Banyak sekali media yang rupanya membuat koreksi bahwa kabar yang sudah terlanjur dikutip oleh media luar tersebut adalah palsu. Medcom.id mengutip kabar dari Forbes yang lebih menyatakan bahwa kabar itu adalah berita palsu.

Forbes menuturkan bahwa akun Twitter yang mengatas namakan sebagai ASUS AREZ tersebut memiliki jumlah follower yang sangat sedikit untuk sebuah merek. Sebagai tambahan, gaya huruf dari tulisan AREZ yang digunakan di foto profile akun Twitter tersebut berbeda dengan gaya asli yang sudah dirilis oleh ASUS lewat situs resminya.



Akun Twitter palsu tersebut ternyata menggunakan gaya ASUS AREZ yang merupakan mockup atau replika buatan WCCFTech, saat brand tersebut masih sebatas rumor. Berdasarkan penelusuran Medcom.id ternyata akun Twitter palsu tersebut kini status sudah ditarik oleh pihak Twitter.

Sejauh ini pihak ASUS juga belum memberikan kepastian kapan VGA AREZ meluncur resmi di pasar meskipun seluruh unitnya sudah dipamerkan di katalog situs resmi ASUS. 
(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.