Trafik Layanan Data Telkomsel Naik di Momen Lebaran

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Jun 2018 15:23 WIB
telkomseltelekomunikasi
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik di Momen Lebaran
Ilustrasi: Telkomsel

Jakarta: Pada awal hingga pertengahan bulan Ramadan, lalu beberapa operator telekomunikasi di Tanah Air telah mengumumkan kesiapan mereka menyambut momen Ramadan dan Hari Raya Lebaran.

Kedua momen tersebut biasanya diwarnai dengan lonjakan trafik layanan telekomunikasi. Baik Tri, Smartfren, Indosat, XL, dan Telkomsel memprediksi bahwa layanan data atau internet menjadi jenis layanan yang lonjakannya paling terlihat.

Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi terjadi pada H-1 Lebaran yaitu mencapai 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen dibandingkan trafik layanan data di hari normal. Apabila membandingkan dengan periode momen Lebaran tahun lalu, trafik layanan data kali ini meningkat 109 persen.

Beberapa wilayah seperti Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara dicatat sebagai titik yang mengalami peningkatan pengguna layanan data tertinggi yaitu mencapai 40,5 persen dibandingkan hari normal.

Hal yang sama juga terjadi dalam hal volumenya, trafik layanan data yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut merupakan yang tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 Petabyte.

Sementara lonjakan penggunaan layanan data di momen Lebaran tercatat sangat signifikan di beberapa lokasi yang sebagian besar merupakan titik berkumpulnya pemudik, misalnya Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung.

Lonjakan serupa juga terjadi di titik lokasi destinasi wisata seperti Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

Beralih ke jenis layanan yang diaskes lewat layanan data, Telkomsel membeberkan bahwa layanan media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan angka 33,7 persen. Di belakangnya streaming sebesar 31,3 persen, dan layanan pesan instan 12,1 persen.

Khusus untuk konten video streaming, Telkomsel menyebutkan kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya.

Sementara beberapa aplikasi yang menjadi favorit selama momen Lebaran tahun ini adalah YouTube yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2 persen, diikuti Instagram 19,3 persen, dan Facebook 13,3 persen.

Beralih ke trafik layanan suara atau panggilan dan SMS, Telkomsel mengakui trafik kedua layanan tadi mengalami penurunan dibandingkan hari normal.

Trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8 persen dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit.

Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1 persen ketimbang hari normal.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.