WhatsApp Segera Dapat Stiker dan Panggilan Video Grup

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 03 May 2018 08:09 WIB
whatsapp
WhatsApp Segera Dapat Stiker dan Panggilan Video Grup
WhatsApp akan segera terima sejumlah fitur baru dan perbaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Jakarta: Facebook mengumumkan perubahan besar akan segera menyambangi WhatsApp, salah satunya adalah opsi panggilan video grup yang akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini dikonfirmasikan oleh direktur WhatsApp, Mubarik Imam pada ajang konferensi F8.

Imam tidak menjelaskan secara mendetil terkait fitur baru tersebut, namun mengungkap screenshot yang menampilkan empat orang secara simultan berpartisipasi dalam sebuah panggilan video.

Sementara itu, masih belum diketahui dengan pasti jumlah maksimal anggota yang dapat berpartisipasi dalam panggilan video tersebut.

Selain itu, Imam juga menyebut bahwa WhatsApp juga akan didukung oleh fitur stiketr, serupa dengan fitur yang mendukung Facebook Messenger. Facebook juga akan memungkinkan pihal ketiga merancang paket stiker dan menawarkannya kepada pengguna WhatsApp.

Di segi bisnis, WhatsApp berencana untuk menambahkan sejumlah peningkatan pada aplikasi Android miliknya, dalam bentuk menyediakan berbagai dukungan untuk merek besar dengan harga tertentu.

Selain itu, Imam mengumumkan bahwa lebih dari dua miliar menit panggilan video dan audio dilakukan via WhatsApp setiap harinya.

Imam juga melaporkan bahwa layanan pesan instan yang dinaunginya tersebut telah memiliki lebih dari 450 juta pengguna harian.

Sebelumnya, salah satu pendiri dan CEO WhatsApp Jan Koum memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena memiliki pendekatan berbeda dengan perusahaan induknya, Facebook, terkait dengan provasi data dan model bisnis aplikasi buatannya.

Pengunduran Koum ini menyusul pendiri WhatsApp lainnya, Brian Acton, yang telah terlebih dahulu keluar dari layanan pesan instan yang mereka ciptakan, pada bulan September 2017 lalu.

Koum mengonfirmasi keputusannya untuk pergi melalui post Facebook, mengimplikasikan bahwa Koum tidak percaya terkait cara Facebook mengatur privasi data pengguna dan juga enkripsi data mereka. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.