Melihat Kesiapan XL untuk Ramadan dan Lebaran 2018

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 27 Apr 2018 07:30 WIB
xltelekomunikasi
Melihat Kesiapan XL untuk Ramadan dan Lebaran 2018
Ilustrasi: XL Axiata

Tanjung Pinang: Seperti biasa, menjelang Ramdan dan Lebaran. Para operator telekomunikasi Indonesia menguji jaringan mereka untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan yang meningkat pada masa tersebut. XL Axiata meprediksi kembalinya terjadi peningkatan trafik data.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Kami memprediksi trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi antara 20-30% dibandingkan hari biasa.”

Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk video maupun musik.”

Yessi menambahkan, pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan implementasi teknologi Network Function Virtualizatio. Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core fokus pada area Denpasar dan Medan.

Sementara penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS dan penambahan sekitar 8.500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik  dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000Gbps, 3 kali lipat dibanding Lebaran 2017. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G.

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul Lebaran, seperti tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

Persiapan lainnya yang sudah dilakukan adalah memastikan kualitas jaringan di sepanjang jalur-jalur utama mudik. Aktivitas ini dilakukan dengan uji jaringan atau drive test menggunakan perangkat pengukur kualitas jaringan TEMS dan Probe, yang juga dipakai regulator dalam menguji jaringan semua operator.

XL Axiata mengklaim, sebagian besar jalur mudik utama telah mendukung jaringan 4G LTE. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96 persen jalur mudik utama telah terlayani 4G untuk jalan raya.

Sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta-Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencapai lebih dari 90 persen. Sementara itu di luar Jawa, lebih dari 94 persen jalur mudik utama di Sumatera dan 66 persen di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G LTE.

Untuk jalur mudik via tol, tahun ini, XL mengklaim lebih dari 97 persen area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G. Untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah terpasang jaringan 4G hingga sekitar 95 persen, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90 persen.



Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota-kota tujuan utama mudik diprediksi akan mengalami lonjakan trafik. Hal yang menarik adalah XL menyebutkan Jawa Tengah menjadi wilayah yang bakal mengalami peningkatan cukup signifikan, dengan konsentrasi di tiga kota: Cilacap, Pekalongan, dan Tegal.

Kota lainnya seperti Surabaya, Banyuwangi dan Sampang serta Banjarmasin dan Samarinda di Kalimantan juga berpotensi mengalami kenaikan trafik.

Wilayah Sumatera akan didominasi oleh Tebing Tinggi dan Lampung, sementara Sulawesi akan terkonsentrasi di Makassar. Pengurangan konsumsi data bakal terjadi di Jakarta, Bali, dan Lombok.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.