Ini Alasan iPhone Digemari Meski Berharga Mahal

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 24 Jul 2017 10:12 WIB
apple
Ini Alasan iPhone Digemari Meski Berharga Mahal
Steve Wozniak menyebut pembelian iPhone berharga tinggi sebagai pertaruhan yang aman.

Metrotvnews.com: Steve Wozniak menjadi tokoh penting dalam kehadiran Apple di ranah teknologi dunia. Wozniak adalah co-founder Apple yang mengembangkan perusahaan pembuat iPhone itu sejak awal. Sayangnya, tidak banyak cerita tentang dirinya.

Wozniak meninggalkan Apple pada tahun 1985, sebelum seri iDevice diluncurkan dan menjadi salah satu perangkat terpopuler di dunia. Hal ini menyebabkan namanya tidak disebut dalam tim pengembang iPhone.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak menghilangkan ketertarikannya pada pasar smartphone. Pada acara di Tiongkok awal minggu lalu, Wozniak menjabarkan dengan baik strategi dan desain yang digunakan oleh produsen smartphone Tiongkok. Dia merasa, strategi dan desain tersebut meruapakan alasan mengapa manufaktur smartphone Tiongkok bisa menghasilkan produk berharga terjangkau dengan banyak fungsionalitas.

Selain itu, Wozniak juga membahas alasan konsumen membeli perangkat Apple yang berharga mahal. Menurutnya, konsumen membeli perangkat Apple berharga mahal seperti iPhone karena risikonya kecil. Dengan kata lain, saat konsumen membeli iPhone, konsumen mengetahui apa yang akan mereka dapatkan, termasuk terkait reliabilitas dan inovasi.

Pada tahun ini, teori Wozniak akan diuji sebab sejumlah rumor menyebut iPhone ulang tahun ke-10 akan ditawarkan dengan harga mulai dari USD1.000 (Rp13,3 juta). Wozniak juga mengungkapkan pendapatnya terkait eksistensi Apple yang memudar di Tiongkok.

“Produk Anda mungkin tidak memiliki pangsa pasar terbesar atau menjadi nomor satu di pasar, tapi Anda seharusnya memiliki produk terbaik yang bisa Anda hasilkan, dan Apple memenuhi kualifikasi tersebut,” ujar Wozniak.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.