Mobilitas Meningkat, Konsumen Inginkan Perangkat Tipis

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:26 WIB
lenovo
Mobilitas Meningkat, Konsumen Inginkan Perangkat Tipis
Consumer Lead Lenovo Indonesia, Helmy Susanto dan Marketing Lead Lenovo Indonesia, Fredy Lo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tren penggunaan smartphone kian meningkat berkat dukungan dari perkembangan teknologi, termasuk di Indonesia. Namun, hal ini tidak menjadikan Lenovo gentar dalam memasarkan perangkat komputasi personal atau PC karyanya.

"Ke depannya, kebutuhan profesional akan semakin luas, dan kami selalu mengedepankan inovasi untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, melalui program dengan bobot ringan dan sangat mobile," ujar Marketing Lead Lenovo Indonesia, Fredy Lo.

Menghadirkan perangkat berbobot ringan dan berdimensi tipis menjadi cara yang ditempuh Lenovo dalam memenuhi kebutuhan konsumen, yang menjadi dampak peningkatan mobilitas dalam kehidupan mereka. Meskipun demikian, Lenovo mengaku tidak serta-merta mengorbankan performa, dan yakin bahwa perangkat yang ditawarkan Lenovo mampu memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

Selain itu berkaca dari pertumbuhan perangkat di segmen tablet yang terbilang lesu, Lenovo juga mengaku yakin bahwa pasar PC tidak akan meredup. Padahal sebelumnya, perangkat tablet sempat digadang akan menggeser bahkan mematikan pasar PC berkat dimensi yang ringkas dan lebih mendukung mobilitas konsumen.

Namun, nasib berbeda dari prediksi terjadi pada pertumbuhan pasar tablet, dinilai menjadi bukti bahwa terdapat aktivitas dan hal yang lebih baik saat dilakukan dengan menggunakan PC. Sementara itu, secara pribadi, Fredy berpendapat, perangkat mobile lebih populer di kalangan masyarakat karena menawarkan privasi lebih jika dibandingkan dengan PC.

Pendapat tersebut turut diamini oleh Consumer Lead Lenovo Indonesia, Helmy Susanto, yang juga menyebut tingginya adopsi perangkat mobile, yaitu smartphone, juga didorong oleh keleluasaan perangkat PC untuk digunakan oleh lebih dari satu orang, yang tidak dimiliki oleh smartphone.

Karenanya, Lenovo kian berupaya menghadirkan perangkat berdimensi tipis dan berdesain ringkas tersebut untuk mampu mendorong pertumbuhan PC. Sebab aktivitas produktivitas saat ini masih dinilai masih lebih dapat didukung oleh kemampuan yang dimiliki PC, seperti dukungan layar lebih lebar dan perangkat input pendukung.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.