Facebook Uji Aplikasi Video Chat Mandiri, Bonfire

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 14 Sep 2017 15:01 WIB
media sosialfacebook
Facebook Uji Aplikasi Video Chat Mandiri, Bonfire
Facebook tengah menguji Bonfire.

Metrotvnews.com: Diam-diam, Facebook menguji aplikasi video chat yang disebut Bonfire. Aplikasi ini memungkinkan 8 orang untuk mengobrol secara bersamaan, lengkap dengan efek khusus, serupa dengan fitur pada aplikasi seperti Instagram dan Snapchat. 

Menurut laporan TechCrunch, aplikasi Bonfire juga memungkinkan seseorang untuk bergabung dalam pembicaraan via Messenger, tanpa harus mengunduh aplikasi Bonfire. Saat ini, aplikasi tersebut hanya tersedia di Denmark. Namun, pengguna yang telah memiliki Bonfire akan bisa mengundang orang lain dari seluruh dunia untuk bergabung dalam pembicaraan melalui Messenger.

Strategi ini memungkinkan Facebook untuk mempopulerkan Bonfire, dan pada saat yang sama, membiarkan 1,2 miliar pengguna bulanan Messenger untuk langsung bergabung dalam obrolan di Bonfire. Hal ini mungkin bisa meningkatkan kesempatan Bonfire untuk sukses.

Selama ini, telah ada beberapa aplikasi mandiri buatan Facebook yang berakhir dengan kegagalan, seperti pembaca berita Paper, lawan Snapchat Slingshot dan Lifestage, media sosial khusus remaja. The Next Web pertama kali menyadari keberadaan aplikasi Bonfire di App Store Denmark. Sementara The Verge melaporkan bahwa Facebook telah mulai mengembangkan Bonfire pada bulan Juli. 

"Di Facebok Inc, kami berusaha untuk membangun dan menguji produk dan layanan baru. Kami telah memiliki pengalaman banyak tentang video chat berkelompok atau secara individual di banyak aplikasi, termasuk Messenger," kata juru bicara Facebook saat ditanya tentang Bonfire. 

"Kami tertarik untuk melihat bagaimana semua orang menggunakan teknologi ini dan bagaimana kami bisa memberikan pengalaman yang baik untuk pengguna. Kami mengadakan tes kecil di Denmark untuk menguji aplikasi bernama Bonfire. Saat ini, hanya informasi itu yang bisa kami berikan," ujarnya. 

Berbeda dengan aplikasi pesaingnya, Bonfire didesain tidak hanya sebagai tempat untuk berkumpul dengan teman, tapi juga cara untuk menambah konten di aplikasi media sosial di bawah Facebook, termasuk Facebook, Instagram dan Messenger. Di Bonfire, Anda akan bisa mengambil screenshot dari video chat dan membagikannya via Facebook, Instagram dan Messenger tanpa harus keluar dari obrolan di Bonfire. 


(MMI)