Salip Apple, Huawei Jadi Peringkat 2 Dunia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 07 Sep 2017 12:17 WIB
applehuaweismartphone
Salip Apple, Huawei Jadi Peringkat 2 Dunia
Huawei kini mengalahkan Apple. (AP Photo / Mark Schiefelbein)

Metrotvnews.com: Selama beberapa tahun belakangan, penjualan smartphone didominasi oleh Samsung dan Apple. Namun, perlahan tapi pasti, Huawei mulai mengejar keduanya. Sekarang, menurut data dari Counterpoint Research, Huawei telah mengalahkan Apple dan menjadi pembuat smartphone terbesar kedua. 

Counterpoint telah mengumpulkan data penjualan pada bulan Juli. Pada bulan tersebut, penjualan Huawei sedikit lebih tinggi dari Apple. Menurut The Next Web, kemungkinan besar, posisi Huawei ini tidak akan bertahan lama, mengingat Apple akan meluncurkan iPhone 8, yang mungkin dinamai iPhone X, minggu depan. 

Memang, pada akhir tahun ini, Huawei juga akan meluncurkan beberapa smartphone baru. Namun, antisipasi masyarakat akan iPhone premium tahun ini -- yang bertepatan dengan ulang tahun iPhone ke-10 -- sangat tinggi. Selain itu, satu hal yang harus diingat adalah Apple biasanya hanya meluncurkan 2 atau 3 smartphone per tahun. 

Menurut Counterpoint, iPhone 7 tetap menjadi smartphone dengan penjualan terbanyak, diikuti oleh iPhone 7 Plus. Menariknya, tidak ada smartphone buatan Huawei yang masuk ke dalam daftar 10 ponsel dengan penjualan terbanyak. Posisi ke-3 dan ke-4 diisi oleh Oppo R11 dan A57, diikuti oleh Samsung Galaxy S8, Xiaomi Redmi Note 4X dan Samsung Galaxy S8 Plus. 



Huawei menggunakan strategi yang beragam untuk meningkatkan penjualan. Strategi ini terbukti sukses. Meskipun begitu, itu berarti, mereka akan sulit untuk membangun kesetiaan pelanggan pada merek mereka. Ini juga tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa mereka kesulitan untuk masuk ke pasar Amerika Serikat. 

Pasar terbesar untuk Huawei adalah Tiongkok. Selain itu, mereka juga cukup populer di Eropa, Amerika LAtin dan Timur Tengah. Sementara di Asia Selatan, India dan Amerika Utara, keberadaan Huawei justru tidak begitu kuat. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.