Google Buat Kesalahan Kecil, Internet Jepang Bermasalah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Aug 2017 10:22 WIB
internetgoogle
Google Buat Kesalahan Kecil, Internet Jepang Bermasalah
Google membuat masalah internet di Jepang. (AP Photo / Virginia Mayo, File)

Metrotvnews.com: Minggu lalu, hampir setengah penduduk Jepang kehilangan akses ke internet karena kesalahan yang Google buat. Kesalahan ini disadari dan diperbaiki hanya dalam hitungan menit.

Namun, kesalahan ini berujung pada koneksi internet lambat yang berlangsung selama berjam-jam. Dampak ini begitu luas sehingga Departemen Dalam Negeri dan Kementerian Komunikasi Jepang mengadakan investigasi terkait hal ini.

Menurut laporan Engadget, masalah muncul pada sekitar siang hari pada hari Jumat. Kesalahan yang dibuat Google membuat seolah-olah banyak alamat IP harus melalui Google. Padahal, alamat IP itu sebenarnya adalah milik penyedia internet Jepang. Jadi, banyak trafik yang seharusnya masuk ke Jepang terkirim ke Google oleh penyedia internet besar seperti Verizon.

Mengingat Google bukanlah penyedia internet dan memang tidak memiliki fungsi untuk menerima trafik, jadi, trafik yang seharusnya masuk ke Jepang itu tidak masuk ke mana-mana. Jaringan bisa dipulihkan dalam waktu kurang dari satu tahun.

Internet lambat akibat kesalahan ini memengaruhi berbagai industri, seperti keuangan -- perdagangan terhambat -- dan transportasi, para penumpang East Japan Railway Co. tidak bisa membeli tiket atau naik ke kereta api. Dua penyedia internet yang paling terpengaruh adalah KDDI Corp. dan NTT Communications, yang menyediakan lebih dari 7 juta orang. 

Kepada Asahi Shimbun, juru bicara Google berkata, "Kami memasukkan informasi salah terkait jaringan dan akibatnya, banyak masalah muncul. Kami membetulkan masalah ini dalam waktu 8 menit. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan untuk pengguna internet."


(MMI)