Tokopedia Luncurkan Pusat Pembelajaran Mobile

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 28 Sep 2017 15:56 WIB
tokopedia
Tokopedia Luncurkan Pusat Pembelajaran Mobile
Nakama tengah mengajarkan seorang anak mengoperasikan laptop dalam program Mobil Belajar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokopedia meluncurkan pusat pembelajaran mobile, merupakan hasil kerja samanya dengan YCAB Foundation. Pusat pembelajaran ini ditujukan untuk mengedukasi pemanfaatan teknolgi kepada anak-anak dengan keterbatasan akses.

Pusat pembelajaran tersebut mengusung nama Mobil Belajar, didukung oleh sejumlah pengajar dan 10 unit laptop. Mobil Belajar tersebut akan berkeliling ke sejumlah wilayah pada hari Senin hingga Jumat, untuk mengajarkan anak-anak cara mengoperasikan laptop dan aplikasi dasar, dalam bentuk kelas kecil.

"Mobil Belajar merupakan bagian dari program Nakama (karyawan Tokopedia) Berbagi Kasih untuk Indonesia atau Nakama Beraksi, dimana setiap Nakama diajak untuk meluangkan satu persen jam kerjanya untuk melakukan aksi sosial sesuai minat dan bakatnya masing-masing," ujar Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah.

Tokopedia berencana untuk menghadirkan Nakama secara bergantian, untuk berkeliling bersama YCAB Foundation menggunakan Mobil Belajar. Program tersebut akan diisi dengan aktivitas berbagi pengalaman bekerja pegawai Tokopedia, yang diharapkan dapat memicu semangat belajar anak-anak.

Kegiatan Mobil Belajar kolaborasi antara Tokopedia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa Foundation ini akan berjalan selama satu tahun ke depan. Sementara itu, konsep Mobil Belajar yang telah dikembangkan YCAB Foundation sejak 2011, diharapkan YCAB Foundation dapat menjangkau 210 anak muda dalam kurun waktu satu tahun.

Kerja sama keduanya turut dilandasi oleh fakta masih banyak anak yang memiliki ketebatasan akses terhadap teknologi. Sedangkan di era digital saat ini, kemampuan pemanfaatan teknologi dinilai menjadi hal penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam pekerjaan.

Dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi merupakan salah satu misi Tokopedia. Melalui inisiatif Nakama Beraksi ini, Tokopedia berkomitmen untuk menjangkau anak-anak yang punya keterbatasan akses teknologi tersebut.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.