Laba Naik, SoftBank Ingin Investasi di Uber atau Lyft

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 08 Aug 2017 17:19 WIB
uber
Laba Naik, SoftBank Ingin Investasi di Uber atau Lyft
SoftBank tertarik menanamkan investasi di Uber atau Lyft.

Metrotvnews.com: Keuntungan SoftBank Group Corp, yang dikenal sebagai perusahaan yang sering menanamkan investasi di startup teknologi, meningkat tajam pada kuartal ini. Mereka tertarik untuk menanamkan investasi di perusahaan transportasi berbasis aplikasi seperti Uber atau Lyft di masa yang akan datang. 

Ini adalah pertama kalinya SoftBank menunjukkan ketertarikan pada Uber. Sebelum ini, perusahaan tersebut telah menanamkan investasi di pesaing Uber, yaitu Didi Chuxing di Tiongkok dan Grab di Asia Tenggara. Bulan lalu, dilaporkan, pemegang saham Uber dan anggota dewannya tengah mempertimbangkan untuk menjual saham mereka ke SoftBank dan investor lain, lapor Reuters.

"Kami tertarik untuk berdiskusi dengan UBer, kami juga tertarik untuk berdiskusi dengan Lyft, kami belum memutuskan kepada siapa," ujar CEO dan pendiri SoftBank, Masayoshi Son. "Apakah kami akan bekerja sama dengan Uber atau Lyft, saya belum tahu apa hasil akhirnya."

SoftBank menyebutkan, laba operasional naik 50 persen dari tahun lalu menjadi JPY479 miliar (Rp57,7 triliun), setelah mereka memasukkan Vision Fund, dana ekuitas swasta terbesar di dunia, ke dalam laporan keuangan dan mendapatkan JPY105 miliar (Rp12,6 triliun) dari saham mereka di pembuat kartu grafis Nvidia. 

Vision Fund, yang mendapatkan investasi dari Apple, Foxconn dan dana asing Arab Saudi, telah berhasil mendapatkan pendanaan lebih dari USD93 miliar (Rp1.238 triliun). Para investor berharap, dana ini akan diinvestasikan pada perusahaan teknologi yang akan menyamai atau bahkan melebihi tingkat pengembalian 44 persen yang SoftBank berikan dengan menanamkan investasi pada perusahaan internet dalam 18 tahun terakhir. 

Jika semua berjalan sesuai rencana, dalam jangka panjang, "Vision Fund akan memberikan kontribusi sebesar ratusan miliar yen pada pendapatan tahunan," ujar Son. 


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /