Yihandak, Robot Penjinak Bom dari Barang Bekas

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:43 WIB
robot
Yihandak, Robot Penjinak Bom dari Barang Bekas
Robot penjinak bom, Yihandak.

Metrotvnews.com: Siswa SMK Yapan, Sukabumi berhasil membuat robot penjinak bom. Menariknya, robot yang dinamai Yihandak tersebut dibuat dari barang-barang bekas yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar sekolah, seperti printer bekas, komponen mainan anak, besi kursi, aki motor dan juga webcam.

Robot ini dibuat oleh 5 siswa jurusan Komputer dan Informatika yang tergabung dalam ektrakurikuler robotik. Yihandak dapat digunakan untuk memindahkan bahan peledak, baik yang memiliki daya ledak tinggi atau ringan. Daya angkut dari robot ini memang masih rendah, tapi diharapkan, ia dapat dikembangkan sehingga ia dapat digunakan untuk mengangkut bahan peledak yang lebih  berat.

"Kami berharap, ke depan, kami akan dapat membuat robot yang lebih canggih lagi," kata Anggih Darsono, salah satu siswa yang membuat Yihandak. 

Pengujian dari robot penjinak bom ini dilakukan di halaman sekolah. Untuk mengoperasikannya, 2 laptop dihubungkan pada mikrokontroler. Laptop tersebut akan berfungsi sebagai monitor. Robot ini dilengkapi dengan motor yang berfungsi sebagai penggerak dan penjempit barang yang dicurigai.

Selama ini, ada rasa takut robot dan kecerdasan buatan (AI) akan mengambil alih pekerjaan manusia. Namun, sejatinya, robot dibuat untuk mengerjakan pekerjaan yang membosankan atau berbahaya bagi manusia. Salah satunya adalah menjinakkan bom. 




(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /