Google PhotoScan Mudahkan Anda Pindai dan Simpan Foto Tua

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 16 Nov 2016 12:14 WIB
google
Google PhotoScan Mudahkan Anda Pindai dan Simpan Foto Tua
Cara menggunakan PhotoScan.

Metrotvnews.com: Smartphone dapat menyimpan ribuan foto, memudahkan Anda menyimpan foto-foto kenangan akan berbagai kejadian dalam hidup Anda. Namun, bagaimana dengan foto yang diambil dengan kamera film, seperti foto keluarga yang sudah tua?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Google meluncurkan PhotoScan. Aplikasi untuk iPhone dan Android ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan Anda menyimpan foto yang telah dicetak pada ponsel Anda.

Menurut TIME, Google menjelaskan, PhotoScan akan memindai foto menggunakan kamera ponsel. Tidak hanya itu, ia juga akan menghilangkan bayangan atau kilau pada foto dan meningkatkan kualitas foto. PhotoScan juga akan memotong bagian pinggir secara otomatis. Google berkata, aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai foto yang ada pada bingkai atau di dalam album.

Ketika Anda memindai foto, aplikasi Google ini akan meminta Anda untuk menyesuaikan lingkaran yang ada pada tengah layar dengan 4 titik yang terletak di sudut-sudut foto.

PhotoScan lalu akan mengambil beberapa foto dan menggabungkannya menjadi satu. Dengan begitu, ia dapat mengurangi tingkat kesilauan yang muncul saat Anda mengambil foto dari satu sudut.

PhotoScan bekerja dengan baik saat dicoba untuk memindai foto biasa. Namun, saat digunakan untuk memindai hasil foto Polaroid, muncul sedikit masalah. Tampaknya, memindai foto Polaroid lebih sulit karena ukurannya yang lebih kecil. 

Aplikasi baru dari Google ini memudahkan menyimpan foto tua menjadi foto digital. Selain mengurangi tingkat kesilauan, ia juga dapat menghilangkan bagian pinggir foto -- seperti bingkai putih tipis pada foto Polaroid -- sehingga foto terlihat lebih rapi.

Google juga menghubungkan PhotoScan dengan Google Photos, memungkinkan Anda untuk memindahkan foto-foto yang baru Anda pindai ke cloud. Google Photos dapat mengenali konten yang diunggah dari PhotoScan.

Jika Anda sering memberikan tag pada foto keluarga dan teman Anda, Google berkata, software buatannya dapat secara otomatis mengenali orang-orang yang ada pada foto yang dipindai oleh PhotoScan, meski orang-orang yang di foto terlihat jauh lebih muda.

Google tidak menjelaskan bagaimana mereka akan mengembangkan PhotoScan. Namun, Product Lead for Google Photos, David Lieb berkata, Google mungkin akan fokus untuk menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto yang telah dipindai.

Inilah video tentang PhotoScan.




(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /