Google PhotoScan Mudahkan Anda Pindai dan Simpan Foto Tua

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 16 Nov 2016 12:14 WIB
google
Google PhotoScan Mudahkan Anda Pindai dan Simpan Foto Tua
Cara menggunakan PhotoScan.

Metrotvnews.com: Smartphone dapat menyimpan ribuan foto, memudahkan Anda menyimpan foto-foto kenangan akan berbagai kejadian dalam hidup Anda. Namun, bagaimana dengan foto yang diambil dengan kamera film, seperti foto keluarga yang sudah tua?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Google meluncurkan PhotoScan. Aplikasi untuk iPhone dan Android ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan Anda menyimpan foto yang telah dicetak pada ponsel Anda.

Menurut TIME, Google menjelaskan, PhotoScan akan memindai foto menggunakan kamera ponsel. Tidak hanya itu, ia juga akan menghilangkan bayangan atau kilau pada foto dan meningkatkan kualitas foto. PhotoScan juga akan memotong bagian pinggir secara otomatis. Google berkata, aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai foto yang ada pada bingkai atau di dalam album.

Ketika Anda memindai foto, aplikasi Google ini akan meminta Anda untuk menyesuaikan lingkaran yang ada pada tengah layar dengan 4 titik yang terletak di sudut-sudut foto.

PhotoScan lalu akan mengambil beberapa foto dan menggabungkannya menjadi satu. Dengan begitu, ia dapat mengurangi tingkat kesilauan yang muncul saat Anda mengambil foto dari satu sudut.

PhotoScan bekerja dengan baik saat dicoba untuk memindai foto biasa. Namun, saat digunakan untuk memindai hasil foto Polaroid, muncul sedikit masalah. Tampaknya, memindai foto Polaroid lebih sulit karena ukurannya yang lebih kecil. 

Aplikasi baru dari Google ini memudahkan menyimpan foto tua menjadi foto digital. Selain mengurangi tingkat kesilauan, ia juga dapat menghilangkan bagian pinggir foto -- seperti bingkai putih tipis pada foto Polaroid -- sehingga foto terlihat lebih rapi.

Google juga menghubungkan PhotoScan dengan Google Photos, memungkinkan Anda untuk memindahkan foto-foto yang baru Anda pindai ke cloud. Google Photos dapat mengenali konten yang diunggah dari PhotoScan.

Jika Anda sering memberikan tag pada foto keluarga dan teman Anda, Google berkata, software buatannya dapat secara otomatis mengenali orang-orang yang ada pada foto yang dipindai oleh PhotoScan, meski orang-orang yang di foto terlihat jauh lebih muda.

Google tidak menjelaskan bagaimana mereka akan mengembangkan PhotoScan. Namun, Product Lead for Google Photos, David Lieb berkata, Google mungkin akan fokus untuk menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto yang telah dipindai.

Inilah video tentang PhotoScan.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.