Sejak Trump Menang, Makin Banyak Orang Kirim Pesan Terenkripsi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 21 Nov 2016 10:32 WIB
aplikasi
Sejak Trump Menang, Makin Banyak Orang Kirim Pesan Terenkripsi
Signal mengalami pertumbuhan tinggi setelah Donald Trump terpilih sebagai presiden. (Marketplace)

Metrotvnews.com: Salah satu aplikasi pengirim pesan terenkripsi, Signal, mengalami pertumbuhan pengguna 400 persen sejak terpilihnya Donald Trump sebagai presiden minggu lalu.

"Sebelum ini, kami belum pernah melihat adanya sebuah kejadian yang menyebabkan ketertarikan yang bertahan dari hari ke hari," kata Moxie Marlinspike, Co-founder dari Open Whisper Systems, pencipta Signal. Signal menggunakan enkripsi end-to-end, sehingga tidak seorang pun -- bahkan pihak Signal -- dapat membaca pesan yang penggunanya kirimkan.

Seperti yang disebutkan Marketplace, saat ini, Signal bukanlah satu-satunya aplikasi pengirim pesan dengan enkripsi yang penggunanya tumbuh. Aplikasi lain, seperti Wickr, mengaku bahwa mereka juga mengalami peningkatan pengguna.

Marlinspike berkata, alasan dibalik pertumbuhan ini adalah karena orang-orang sedang berusaha mencari aplikasi yang aman.

"Donald Trump akan memegang kendali atas aparat pengawasan yang paling tidak memiliki akuntabilitas dalam sejarah. Hal ini sebenarnya sudah berkembang sejak kepemimpinan Obama, dan saya pikir, masyarakat merasa tenang karena mereka percaya dengan keputusan pribadinya," kata Marlinspike.

"Saya rasa, orang-orang tidak begitu percaya dengan bagaimana Donald Trump akan menggunakan hal itu."

Aplikasi-aplikasi seperti Signal telah mendapatkan kritik karena mempersulit pihak berwajib untuk melihat komunikasi antar kriminal. Misalnya, ISIS dikenal sebagai pengguna Signal. Marlinspike berkata, orang-orang seperti ISIS tetap akan dapat menggunakan tool enkripsi bahkan jika Signal tidak ada.

"Apa yang kami coba lakukan adalah untuk membuat orang-orang biasa dapat mengakses aplikasi terenkripsi. Ada banyak tool enkripsi yang sulit untuk digunakan. Dan saya tidak bilang Anda harus pintar untuk dapat menggunakan alat-alat itu, hanya, Anda harus rela mengklik dua kali lebih sering saat hendak mengirimkan pesan ke seseorang..." ujar Marlinspike.

"Siapapun yang terlibat dalam aktivitas kriminal berisiko tinggi atau organisasi seperti ISIS -- mereka tidak akan keberatan untuk melakukan itu."

Pemerintah di beberapa negara telah memutuskan untuk memblokir alat-alat enkripsi. Seperti pemerintah Brasil yang mencoba untuk memblokir WhatsApp, meski mereka tidak berhasil melakukan ini. Marlinspike berkata, hal ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh semua orang.

"Setiap kali pemerintah berusaha untuk memblokir WhatsApp di Brasil, selalu ada kerusuhan. Jadi, saya rasa, popularitas dari banyak alat ini akan mencegah pemblokiran seperti ini," kata Marlinspiek.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /