Seperti Apa Dua Kamera Belakang Xiaomi Mi 6?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 19 Apr 2017 19:09 WIB
xiaomi
Seperti Apa Dua Kamera Belakang Xiaomi Mi 6?
Saat peluncuran Xiaomi Mi 6. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com: Xiaomi baru saja merilis ponsel flagship barunya, yaitu Mi 6.

Berbeda dengan ponsel sebelumnya, Mi 6 tampil dengan dua kamera. Kedua kamera tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yaitu mengambil gambar berwarna dan mengambil gambar hitam putih. CEO Xiaomi, Lei Jun, mengklaim teknologi kamera yang diusung oleh Xiaomi kali ini bisa membuat foto tampil lebih baik.



"Mi 6 memiliki dua kamera, satu berfungsi mengambil gambar berwarna dan satu lagi mengambil gambar hitam putih. Kedua gambar tersebut kemudian digabung melalui sistem khusus sehingga hasilnya adalah sebuah foto dengan kualitas yang lebih bagus," ujar Lei Jun.

Masing-masing kamera Mi 6 menggunakan sensor beresolusi 12MP. Kamera tersebut juga diklaim sangat baik untuk foto portrait karena background foto bisa ditampilkan dengan efek blur, efek yang sama jika anda mengambil gambar menggunakan kamera DSLR dan mirrorless dengan bukaan lensa yang besar.



Xiaomi juga menghadirkan algoritma khusus pada fitur beautify agar sistem kamera bisa mengenali jenis warna kulit dari objek. Dengan demikian, foto potrait akan tampil lebih natural dan lebih mirip seperti aslinya.

Yang menarik adalah kamera pada mi 6 memiliki fitur optical zoom 2x dan 4-axis OIS (Optical Image Stabilization). Keduanya diklaim dapat memudahkan penggunanya untuk mengambil foto. Selain hasil gambarnya akan lebih tajam, anda juga bisa mengambil gambar dengan baik meski sambil bergerak.



Xiaomi Mi 6 dibanderol dengan harga RMB2499 (kisaran Rp5 juta) untuk varian penyimpanan 64GB. Sedangkan varian 128GB dibanderol seharga RMB2899 (kisaran Rp5,8 juta). Ponsel ini mulai dijual tanggal 28 April mendatang di Tiongkok.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.