Corsair Bakal Diakuisisi Senilai Rp6,6 Triliun?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 23 Jul 2017 20:54 WIB
corsair
Corsair Bakal Diakuisisi Senilai Rp6,6 Triliun?
Corsair dikabarkan akan diakuisisi sebesar lebih dari USD500 juta (foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Corsair dikabarkan akan diakuisisi sebesar lebih dari USD500 juta (Rp6,6 triliun) oleh perusahaan ekuitas bernama EagleTree Capital.

Menurut Reuters, informasi tersebut berasal dari sumber internal yang tidak mau disebutkan namanya. Yang jelas, baik Corsair maupun EagleTree Capital dikatakan telah mendiskusikan akuisisi tersebut.

Akuisisi kali ini memang tergolong sangat berani karena Corsair sedang dalam kondisi prima berkat perkembangan industri game dan esport belakangan ini. Corsair bahkan merupakan salah satu produsen perangkat gaming paling populer yang ada saat ini dan bersaing langsung dengan Razer.

Tidak hanya itu, Corsair bahkan sedang melebarkan lini bisnisnya ke ranah PC, dan sebelumnya juga telah terjun ke ranah memori hingga sistem pendingin untuk PC.

Saat ini Corsair dimiliki oleh Andy Paul yang menjabat sebagai Chief Executive. Paul mendirikan Corsair pada tahun 1994 dan sempat menerima berbagai suntikan dana termasuk dari Francisco Partners sebesar USD75 juta (Rp999 miliar) pada tahun 2013. Francisco Partners sendiri enggan memberikan komentar soal berita akuisisi Corsair kali ini.

Saat ini EagleTree dikabarkan sudah menyiapkan dana sebesar USD330 juta (Rp4,3 triliun). Namun, mereka masih membutuhkan lebih banyak dana lagi karena kemungkinan akuisisi Corsair akan membutuhkan dana sebesar USD525 juta (Rp6,9 triliun). Baik Corsair dan EagleTree masih belum mau berkomentar mengenai akuisisi tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.