Perbarui Layanan, Google Ingin Semua Orang Pakai Drive

Ellavie Ichlasa Amalia, Lufthi Anggraeni    •    Senin, 11 Sep 2017 12:25 WIB
google
Perbarui Layanan, Google Ingin Semua Orang Pakai Drive
Google mengumumkan ketersediaan aplikasi desktop Drive File Stream secara umum untuk seluruh pengguna G Suite.

Metrotvnews.com: Google mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan aplikasi desktop baru yang disebut Drive File Stream beberapa hari lalu. Aplikasi tersebut ditujukan untuk para pelanggan korporasi dari G Suite. Aplikasi Drive File Stream akan berfungsi sebagai pengganti dari aplikasi desktop Google Drive, yang akan dimatikan tahun depan. 

Sejak bulan Juli, Google memang berencana untuk mengonsolidasi aplikasi sinkronisasi file untuk Google Drive dan Google Photos ke dalam sebuah aplikasi yang disebut "Backup and Sync" sebelum mereka menghentikan dukungan untuk aplikasi Google Photos dan Google Drive untuk Mac dan Windows, lapor TechCrunch

Google dilaporkan telah lama mempertimbangkan untuk menghentikan operasional software desktop Drive versi lama. SlashGear melaporkan Google menggantikan software drive versi lama tersebut dengan dua aplikasi terbaru karyanya, yaitu Backup and Sync serta Drive File Stream.

Sebelumnya, Backup dan Sync terlebih dahulu dirilis sebagai satu-satunya opsi yang tersedia untuk pelanggan yang tidak mengggunakan G Suite. Backup and Sync, yang lebih ditujukan untuk konsumen, berfungsi sebagai pengganti dari Google Drive dan Photos.

Di sisi lain, Drive File Stream hanya tersedia untuk pelanggan korporasi G Suite dan memang lebih ditujukan untuk pengguna dalam jumlah besar atau kelompok, dan organisasi. Perusahaan dapat memanfaatkan salah satu dari Backup and Sync serta Drive File Stream atau memilih untuk menggunakan keduanya. Keduanya memiliki fitur keunggulannya masing-masing, seperti yang bisa Anda lihat pada tabel di bawah. 



Seperti nama yang diusungnya, Drive File Stream memiliki fitur "Stream files on demand", memungkinkan pengguna G Suite untuk menampilkan file hanya saat dibutuhkan, dan tidak mengunduh seluruh file atau folder sekaligus. File Stream juga dapat melakukan sinkronisasi file secara satu per satu, sementara Backup and Sync hanya dapat melakukan sinkronisasi folder secara keseluruhan.

Namun, Backup and Sync memiliki satu, yaitu dapat memilih secara folder lain pada komputer selain My Drive pada aplikasi Drive. Sementara pengguna harus menyimpan file yang tersinkronisasi dengan Drive File Stream dalam My Drive.

Mulai 11 Desember mendatang, klien desktop Google Drive versi PC dan Mac tidak lagi mendapatkan dukungan dari Google, dan akan berhenti berfungsi secara total pada 12 Maret 2018. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.