Baik Hati, AMD Siapkan Paket Isi CPU, GPU, dan Motherboard

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 24 Apr 2018 17:04 WIB
amd
Baik Hati, AMD Siapkan Paket Isi CPU, GPU, dan Motherboard
Paket AMD Combat Crate.

Jakarta: Tidak cukup AMD menyajikan prosesor paling bertenaga dari Ryzen Generasi ke-2 dengan harga yang sangat terjangkau, kini mereka kembali menyediakan paket produk yang sangat memanjakan gamer.

Dikutip dari PC World, AMD dan MSI telah menjalin kerja sama menyediakan paket CPU dan GPU, sekaligus motherboard sehingga konsumen langsung memiliki satu paket dapur pacu untuk PC mereka. Paket ini diberi nama Combat Crate, istilah yang mengacu kepada perbekalan perang.

Nama tersebut diakui terdengar sangat menarik, mengingat beberapa bulan belakangan harga kartu grafis semakin meroket akibat tren mining uang kripto dan langka di pasar sehingga menyulitkan gamer yang ingin merakit PC.



Disebutkan bahwa dalam paket Combat Crate, AMD dan MSI telah menyediakan prosesor Generasi ke-1 AMD Ryzen 5 1600 lengkap dengan stock cooler dan motheboard MSI B350 Tomahawk sekaligus kartu grafis MSI Radeon RX 580 Armor OC. Harga banderolnya dikabarkan sekitar USD599 atau sekitar Rp8,3 juta.

Untuk kartu grafis yang disediakan, AMD Combat Crate berisi MSI RAdeon RX 580 OC 8GB yang boleh dibilang cukup bisa diandalkan untuk memainkan game dengan resolusi 1080p.



Pihak AMD menuturkan bahwa produk AMD Combat Crate berusaha menyediakan paket menarik bagi gamer untuk bisa memiliki perangkat gaming yang lebih powerful dengan mudah.

Banyak pihak yang beranggapan bahwa langkah ini merupakan strategi AMD untuk menhabiskan stok prosesor AMD Ryzen Generasi ke-1 yang masih tersisa di pasar mengingat kini AMD Ryzen Generasi ke-2 sudah mulai dipasarkan termasuk motherboard yang ditanamkan chipset terbaru untuk mendukungnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.