Advan i6 Meluncur, Harga Rp1 juta

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 24 Apr 2018 17:39 WIB
advan
Advan i6 Meluncur, Harga Rp1 juta
Advan i6 meluncur di Jakarta, Selasa 24 April 2017

Jakarta: Advan merilis i6 hari ini. Meskipun masuk ke dalam kelas ponsel pemula dengan harga Rp1.499.000, Advan sudah melengkapi ponsel barunya dengan layar berasio 18:9 yang merupakan salah satu tren ponsel saat ini.

Advan i6 menjadikan MediaTek MT6737 sebagai prosesor, dipadankan dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Untuk masalah kamera, i6 dilengkapi dengan kamera 13MP sebagai kamera belakang dan kamera 5MP sebagai kamera depan.

Marketing Director Advan, Tjandra Lianto menjelaskan alasan Advan untuk mengikuti tren layar rasio 18:9. "Saat digenggam lebih nyaman," katanya dalam peluncuran i6 yang diadakan di XXI Lounge, Plaza Senayan.

"Saat digunakan dengan satu tangan, pengoperasiannya juga lebih mudah." Lebih lanjut dia menjelaskan, layar dengan rasio 18:9 akan membuat pengalaman bermain game dan juga menonton video menjadi lebih baik.

Selain layar, Tjandra menyebutkan, tren lain di industri smartphone ini adalah kamera. Saat ini, perusahaan-perusahaan smartphone memang berlomba-lomba memberikan kamera yang lebih baik. Tak terkecuali Advan.

"Kami bekerja sama dengan Samsung, menggunakan sensor CMOS pada kamera ponsel kami," ujar Tjandra.

Kamera belakang 13MP pada i6 dapat mengambil foto dengan sudut 78 derajat. Pihak Advan menyebutkan, hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengambil foto wefie. 

Advan i6 sudah memiliki sensor sidik jari pada bagian belakang. Tidak hanya itu, Advan juga melengkapi i6 dengan fitur Face ID atau pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel. Tjandra menyebutkan, fitur pengenalan wajah pada i6 sudah dapat melacak 200 titik pada wajah pengguna.

Selain itu, i6 juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur anti-theft dari Advan. 

Perusahaan asal Indonesia itu memasang baterai berdaya 3.300 mAh pada i6. Advan mengklaim, baterai tersebut dapat bertahan dalam keadaan standby selama sembilan jam. Advan i6 tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu biru, hitam, dan emas pucat. 

Untuk menarik perhatian konsumen, Advan juga menggandeng Telkomsel untuk memberikan paket bundling berupa paket internet hingga 60GB dengan harga mulai dari Rp45 ribu. 

Sama seperti ketika meluncurkan i5C Duo, Advan menggandeng Shopee sebagai rekan e-commerce. Pada tanggal 27 April mendatang, mereka akan mengadakan flash sale selama dua jam, dimulai pada pukul 12.00. Selama flash sale, harga i6 diturunkan menjadi Rp1.299.000.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.