Computex 2018

ASUS Punya Produk Baru, Liquid Cooler Ryujin dan Ryuo

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Jun 2018 21:36 WIB
asushardwareComputex 2018
ASUS Punya Produk Baru, Liquid Cooler Ryujin dan Ryuo
ASUS ROG Ryujin.

Jakarta: Di bawah merek ROG, ASUS memperkenalkan kategori produk yang sama sekali baru dalam Computex 2018. Perusahaan asal Taiwan itu kini menyediakan liquid cooler yang dinamai ROG Ryujin dan ROG Ryuo. 

Ryujin tersedia dalam dua ukuran, yaitu 240mm dan 360mm. Head of Product ROG, Kris Huang menyebutkan, air-cooling system mungkin memiliki desain yang lebih estetis, tapi sistem pendingin tersebut biasanya tidak bisa menyalurkan udara ke bagian CPU. 

"CPU yang di-overclock mungkin akan menjadi terlalu panas," kata Kris, menyebutkan masalah yang biasa ditemui pada air-cooling system. Masalah inilah yang ASUS coba selesaikan dengan meluncurkan Ryujin dan Ryuo.  

ASUS juga memasangkan kipas 60mm dari Noctua di Ryujin. Tujuannya untuk menghasilkan aliran di udara di sekitar CPU. Kris mengklaim, kipas ini dapat bekerja tanpa mengeluarkan suara yang bising.

Tidak hanya fokus untuk memberikan performa yang bagus, ASUS juga ingin membuat liquid cooler terbarunya tampil menarik. mereka memasang layar 1,77 OLED inci pada Ryujin. Kris menjelaskan, layar OLED tersebut akan menampilkan informasi seperti suhu CPU, frekuensi CPU, dan lain sebagainya.


ASUS ROG Ryuo. 

ROG Ryuo merupakan liquid cooler kelas pemula dari ASUS. Ryuo hadir dalam varian 240mm dan 120mm. ASUS menyebutkan, Ryuo ditujukan untuk orang-orang yang ingin membuat PC gaming yang tidak terlalu besar. 

Sistem pendingin ini memiliki kipas radiator yang didesain oleh ASUS sendiri untuk menghasilkan aliran udara yang maksimal. Sama seperti Ryujin, Ryuo juga dilengkapi dengan layar OLED serta kompatibel dengan Aura Sync RGB. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.