Computex 2018

Corsair Pamer Dua Casing PC Crystal Series Baru di Computex 2018

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 08 Jun 2018 11:51 WIB
corsairComputex 2018
Corsair Pamer Dua Casing PC Crystal Series Baru di Computex 2018
Corsair Crystal Series 280X RGB.

Taipei: Sebagai pemain industri peripheral, Corsair selalu memamerkan casing PC baru di ajang teknologi. Tidak terkecuali Computex 2018 yang diadakan di Taiwan sejak 5 Juni kemarin. 

Kali ini, Corsair memamerkan dua casing PC terbaru dari Crystal Series yakni Crystal Series 280X RGB dan Crystal Series 280X. Keduanya ditujukan untuk para enthusiast dengan desain tempered glass yang hadir dalam dua varian ukuran form factor. Satu hal yang membedakan keduanya, salah satu casing PC ini dilengkapi dengan fitur LED RGB dari Corsair.

Corsair Crystal Series 280X RGB hadir dengan panel tempered glass di bagian depan, samping, dan atas, dengan tujuan untuk membuat komponen di dalamnya tampil lebih menarik. Casing ini hadir dengan dua kipas LL120 RGB. Masing-masing kipas memiliki 16 LED RGB serta ditujukan untuk penggunaan motherboard jenis ukuran microATX maupun mini ITX.

Mengingat RGB menjadi daya tarik utama, Corsair juga membenamkan teknologi Corsair Lighting Node PRO sebagai controller digital pencahayaan LED RGB yang terpasang di dalam casing tersebut. Corsair juga menambahkan software iCUE sehingga pengguna bisa melakukan kustomisasi atau menciptakan sendiri pola dari cahaya LED RGB di dalamnya.



Namun, itu bukan berarti tampilan menjadi satu-satunya nilai jual casing tersebut. Corsair juga menyiapkan ftiur lain di dalamnya untuk mendukung sistem PC yang terpasang. Casing ini didesain dengan model dual chamber sehingga komponen inti PC tetap memiliki ruang yang lega serta bisa memuat enam kipas pendingin termasuk liquid cooling dengan radiator berukuran 240mm.

Satu ruang dari casing ini digunakan sebagai ruang untuk kabel komponen yang melekat. Dengan begitu, perakit PC pemula juga bisa membuat agar bagian dalam casing PC mereka terlihat rapi.

Dual chamber dari casing ini juga menyediakan fitur berupa ruang untuk pemasangan dua perangkat storage berukuran 3,5 inci dan tiga buah dengan ukuran 2,5 inci. Crystal Series 280X RGB dibanderol Rp2,2 juta sementara Crystal Series 280X di harga Rp1,5 juta.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.