Adu Balap Drone AI Lawan Manusia, Siapa Pemenangnya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 24 Nov 2017 17:37 WIB
teknologikecerdasan buatan
Adu Balap Drone AI Lawan Manusia, Siapa Pemenangnya?
Drone rakitan NASA yang sudah ditanamkan teknologi AI.

Jakarta: AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan menjadi teknologi yang terus dikembangkan. Badan antariksa Amerika Serikat yakni NASA juga ikut mengembangkan teknologi tersebut untuk digunakan dalam misi luar angkasa.

Salah satu metode pengembangan NASA baru ini cukup menyita perhatian. Mereka menjajal kemampuan AI pada sebuah drone. Ujicoba tersebut dilakukan lewat sebuah balapan drone yang dikendali AI versus yang dikendalikan oleh manusia.

Digital Trends melaporkan ujicoba tersebut duaj dilakukan pada 22 Oktober 2017. Diketahui bahwa ujicoba ini rupanya tidak lepas dari campur tangan Google sebab pengembangan AI dan kemampuan terbang drone tersebut menggunakan teknologi Google Tango.

Dalam sebuah arena balap, drone yang dikendalikan oleh manusia berhasil mencatat waktu yang lebih cepat dalam menyelesaikan satu putaran.



"Teknologi AI di drone kami sudah kami benamkan kemampuan terbang yang bisa sejajar dengan kemampuan manusia yang menerbangkan drone. Tentu saja hasilnya drone yang dikendalikan manusia jauh lebih cepat, tapi kemampuan terbang AI jauh lebih baik," ungkap Jet Propulsion Lab NASA Rob Reid.

Dia menuturkan drone dengan AI bisa terbang secara stabil dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan drone yang dikendalikan manusia, drone tersebut terbang sangat agresif dan selang beberapa waktu kemampuan terbangnya menurun. Jalur terbangnya juga tidak serapi dan efisien drone AI.

Penerbang drone profesional Ken Loo menjadi pengendali drone pesaing AI tersebut. Loo mengakui arena drone kali ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit. Dia mengakui bahwa dalam beberapa putaran dia mulai merasa lelah. 

Artinya teknologi AI di drone NASA nantinya bisa segera diimplementasikan untuk penggunaan drone di berbagai bidang. Misalnya, kegiatan yang membutuhkan kemampuan terbang secara akurat dan tanpa kendali manusia sepenuhnya.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /