Perangkat Mata-Mata Intai Keamanan Ponsel Android

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Nov 2017 18:09 WIB
androidgooglecyber security
Perangkat Mata-Mata Intai Keamanan Ponsel Android
Ponsel pintar berbasis Android menghadapi ancaman pencurian data oleh aplikasi spyware yang awalnya mereka pergunakan untuk memantau lokasi dari anggota keluarga mereka.

Jakarta: Perusahaan keamanan Kasperskay Lab berhasil mengumpulkan informasi ponsel pintar berbasis Android rentan pencurian data yang diakibatkan penggunaan aplikasi spyware. Apa itu aplikasi spyware?

Spyware merupakan aplikasi yang tertanam pada perangkat orang lain tanpa diketahui, sehingga mereka yang menggunakan spyware bisa mengetahui keberadaan seseorang. Misalnya untuk memantau lokasi anggota keluarga.

Apikasi spyware semacam itu merupakan aplikasi komersial, tapi sebetulnya celah keamanan yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan spyware yang dipergunakan secara ilegal. Celah keamanan tersebut membuat seluruh data penting yang pernah diakses lewat perangkat yang tertanam spyware bisa dicuri.

Kaspersky Lab menemukan spyware bisa mencuri dan mengumpulkan pesan teks, daftar panggilan dan rekaman, posisi GPS, data peramban internet dan konten foto serta video yang tersimpan di perangkat. Bahkan spyware juga bisa mengambil alih kendali perangkat.

Kaspersky Lab mencatat ada lebih dari 120 ribu pengguna Android yang bermasalah dengan aplikasi spyware komersial di 9 bulan belakangan. Angka tersebut dua kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang mencapai lebih dari 70 ribu.

Dari pengamatan Kasperksky Lab, kemunculan spyware di perangkat juga tidak terlepas dari celah keamanan yang disebabkan penggunanya. Kebanyakan aplikasi spyware tersedia di situs masing-masing bukan dari toko aplikasi resmi.

Untuk memasangnya pengguna harus mengaktifkan pengaturan di ponsel pintar yang mengizinkan pemasangan aplikasi dari luar layanan tokoaplikasi resmi. Jadi ada banyak bahaya yang bisa ikut masuk ke dalam perangkat, tidak hanya spyware itu sendiri. Perangkat yang di-root juga menjadi celah bagi serangan siber.

Oleh sebab itu, Kaspersky Lab menganjurkan Anda untuk tidak melakukan dua hal di atas pada perangkat Anda serta selalu rutin melakukan pembaruan sistem operasi serta kunci aplikasi dan perangkat. Tidak lupa, memasang aplikasi keamanan yang terpercaya.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /